Kawasan Industri Jababeka. Foto: dok Kawasan Industri Jababeka.
Kawasan Industri Jababeka. Foto: dok Kawasan Industri Jababeka.

Kawasan Jababeka Siap Implementasikan Smart Eco City

Eko Nordiansyah • 23 Juni 2022 19:09
Jakarta: PT Jababeka Tbk mendukung peningkatan kesadaran lingkungan bagi wilayah di sekitar perusahaan. Dukungan untuk mengatasi permasalahan lingkungan ini pada akhirnya berdampak positif bagi masyarakat yang merupakan warga di sekitar kawasan Jababeka.
 
Direktur Jababeka Suteja Sidarta Darmono mengatakan, pihaknya memiliki berbagai program untuk menjaga kebersihan dan meningkatkan kualitas lingkungan yang berada di sekitar kawasan Jababeka sehingga dapat berdedikasi dalam mewujudkan Smart Eco City.
 
"Dengan mengidentifikasi masalah lingkungan, lalu mengatasi persoalan tersebut, hasilnya lingkungan di desa-desa di sekitar kawasan Jababeka sekarang semakin bersih dan mampu mereduksi permasalahan sampah," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 23 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu upaya Jababeka yaitu melalui Jababeka Eco Award 2022 yang diikuti oleh 29 RW di sekitar Kawasan Jababeka. Ajang lomba kebersihan ini dimaksudkan untuk mengapresiasi pencapaian RW yang mampu menjaga kebersihan dan meningkatkan kualitas lingkungan.
 
Menurut Suteja, penyelenggaraan lomba ini merupakan penghargaan bersama atas keberhasilan masyarakat di sekitar Kawasan Jababeka yang mampu menumbuhkan kesadaran lingkungan dan mendorong partisipasi warga dalam mengatasi permasalahan lingkungan.
 
"Ini sebuah langkah awal yang baik. Karena tujuan ajang ini ialah Jababeka dengan masyarakat sekitar kawasan bisa bersama-sama menjaga lingkungan dan mewujudkan Smart Eco City dan ini sudah terlihat peningkatan kualitas lingkungannya," ungkap dia.
 
Head of city council Jababeka Sumardi juga menyampaikan rasa terima kasih, khususnya masyarakat di sekitar kawasan Jababeka yang telah mendukung di tahun pertama Jababeka Eco Award. Sumardi menegaskan, pelaksanaan Jababeka Eco Award akan digelar setiap tahun.
 
"Untuk tahun selanjutnya, pihak Jababeka akan mengajak lebih banyak RW agar lebih punya impactful bagi masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Jababeka. Semoga tiga kelurahan dan lima desa bisa berpartisipasi aktif untuk mewujudkan lingkungan bersih untuk kita semua," ujarnya.
 
Sementara itu, PJ Bupati Bekasi Dani Ramdan mendukung agar kawasan Jababeka dapat mewujudkan cita-cita menjadi smart eco city seperti di Singapura. Ia meyakini hal itu tidak butuh waktu lama karena progres yang ada saat ini sudah menuju target pencapaian smart eco city.
 
"Kami berpesan untuk masyarakat sekitar kawasan Jababeka agar mempertahankan atau bahkan meningkatkan kebersihan lingkungan yang sudah dihasilkan dari program Jababeka Eco Award. Karena lingkungan yang bersih bisa menciptakan rasa betah dan nyaman," pungkas dia.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif