Menko Bidang kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) bersama Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Yi. FOTO: Kemenko Maritim dan Investasi
Menko Bidang kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) bersama Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Yi. FOTO: Kemenko Maritim dan Investasi

Ini Kerja Sama yang Ditawarkan Luhut ke Menlu Tiongkok di Danau Toba

Ekonomi ekonomi china tiongkok Ekonomi Indonesia indonesia-tiongkok
Annisa ayu artanti • 13 Januari 2021 07:31
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menawarkan berbagai kerja sama dengan Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Yi. Hal itu diutarakan Luhut usai melakukan hiking dan kunjungan ke beberapa tempat historis di sekitar Danau Toba, Sumatra Utara dengan Wang Yi dan delegasinya.
 
Beberapa kerja sama yang ditawarkan merupakan kerja sama strategis di bidang maritim, investasi dan perdagangan, pelatihan vokasi, dan pengentasan kemiskinan di daerah pesisir.
 
"Kedatangan sahabat saya, Bapak Wang Yi ke Danau Toba ini diharapkan dapat mengembangkan kerja sama yang baik dan berkelanjutan antar kedua negara," kata Luhut, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 13 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Luhut memang telah beberapa kali mengundang Wang Yi untuk berkunjung ke Toba dan melihat langsung keindahan Danau Toba. Wang Yi dikenal mempunyai hobi hiking. Kunjungannya ke Toba sedianya berlangsung pada Februari tahun lalu tapi tertunda karena pandemi covid-19.
 
Luhut pun menjelaskan setelah mengunjungi Toba bahwa Wang Yi akan bertolak ke Jakarta untuk mengikuti agenda pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan melakukan audiensi dengan Presiden Joko Widodo.
 
"Besok Bapak Wang Yi akan diterima oleh Bapak Presiden RI dan mendengar langsung harapan Bapak Presiden terhadap kerja sama strategis kedua negara yang telah terjalin selama ini," jelasnya.
 
Adapun kunjungan Wang Yi ke Indonesia merupakan bagian dari safari yang dilakukan Wang Yi ke beberapa negara Asia Tenggara seperti Myanmar, Indonesia, Brunei Darussalam, dan Filipina. Wang Yi dijadwalkan melakukan kunjungannya di Indonesia selama dua hari, mulai dari 12 hingga 13 Januari 2021.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif