Gedung Pertamina. FOTO: Setkab
Gedung Pertamina. FOTO: Setkab

Harga Pertamax Naik Jadi Rp12.500, Pertamina: Mengurangi Beban Perusahaan!

Annisa ayu artanti • 01 April 2022 10:21
Jakarta: PT Pertamina (Persero) mengakui beban keuangan perusahaan sedikit berkurang usai ada kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertamax. Adapun Pertamina menerapkan harga baru bagi BBM berkadar RON 92 tersebut mulai hari ini menjadi Rp12.500 per liter yang sebelumnya sebesar Rp9.000 per liter.
 
"Ya setidaknya dengan penyesuaian ini sudah mengurangi sebagian beban Pertamina," ungkap Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, kepada Medcom.id, Jumat, 1 April 2022.
 
Irto menjelaskan dengan harga pertamax saat ini masih terdapat selisih harga sebesar Rp3.500 per liter dari harga keekonomian. Artinya, perusahaan pelat merah tersebut masih nombok atas penjualan pertamax. Ia mengungkapkan, Pertamina tidak menerapkan harga keekonomian pada pertamax demi menjaga daya beli masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini kita lakukan agar tidak terlalu memberatkan masyarakat," katanya.
 
Adapun penyesuaian harga BBM dengan kadar RON 92 tersebut mempertimbangkan krisis geopolitik yang telah mengakibatkan harga minyak dunia melambung tinggi di atas USD100 per barel.
 
Kondisi ini pun mendorong harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) per 24 Maret 2022 tercatat USD114,55 per barel atau melonjak hingga lebih dari 56 persen dari periode Desember 2021 yang sebesar USD73,36 per barel.  
 
"Pertamina selalu mempertimbangkan daya beli masyarakat, harga pertamax ini tetap lebih kompetitif di pasar atau dibandingkan dengan harga BBM sejenis dari operator SPBU lainnya. Ini pun baru dilakukan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, sejak 2019," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif