UMKM. Foto : MI/Adam.
UMKM. Foto : MI/Adam.

Pasar Eropa Masih Potensial untuk UMKM Indonesia

Ilham wibowo • 23 September 2020 09:33
Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM mendukung para pelaku usaha kecil menengah Indonesia memanfaatkan peluang ekspor ke pasar Eropa yang masih terbuka. Cara yang lebih mudah dan efisien bisa dilakukan dengan masuk ke ekosistem digital.
 
"UKM tidak hanya sekadar dapat bertahan tapi juga mampu meningkatkan kualitas sehingga dapat bersaing di pasar global khususnya di pasar Eropa," kata Deputi bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM Victoria Simanungkalit melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 23 September 2020.
 
Menurut Victoria, kiat sukses yang terus disosialisasikan dari anggota Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) akan meningkatkan semangat pengembangan produk UKM. Saat ini, fasilitas Sekolah Ekspor untuk mempelajari cara menembus pasar mancanegara juga bisa dimanfaatkan calon UKM ekspor di Smesco Indonesia.

"Dukungan terhadap upaya peningkatan ekspor UKM seperti yang telah dilakukan UKM di Bangka Belitung yang mengekspor Lidi Nipah ke Nepal, kemudian PLB e-commerce Marunda yang mengekspor 500 produk UKM ke PLB e-commerce Ningbo di Tiongkok," paparnya.
 
Dukungan lain yang diberikan Kemenkop UKM di antaranya fasilitasi standardisasi global dan pelibatan BUMN sebagai offtaker. Kemudian program percepatan transformasi digital serta fasilitasi promosi baik di dalam maupun pasar luar negeri.
 
"Upaya edukasi dan promosi perlu terus ditingkatkan bagi UMKM untuk menciptakan pasar di negara-negara Eropa,” ucapnya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan