Ilustrasi mudik. MI
Ilustrasi mudik. MI

Pemerintah Larang ASN Mudik

Ekonomi kemenpan-rb ASN virus corona
Eko Nordiansyah • 30 Maret 2020 14:49
Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mudik. Larangan ini sebagai upaya pemerintah untuk melakukan pencegahan penyebaran virus korona (covid-19).
 
Kebijakan ini seabagaimana tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik Bagi Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.
 
Menpan-RB Tjahjo Kumolo menjelaskan, para ASN harus mengikuti arahan yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo maupun Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19. Hal yang sama bukan hanya berlaku bagi para ASN tetapi juga seluruh masyarakat untuk meredam penyebaran covid-19 di Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk terus melaksanakan tugas-tugas kesehariannya termasuk mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mudik, untuk menjaga jarak yang aman untuk mencegah penyebaran virus ini," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin, 30 Maret 2020.
 
Dalam SE yang ditandatangani oleh Tjahjo, terdapat empat poin ketentuan. SE ini ditujukan di antaranya kepada para menteri Kabinet Kerja, Sekretaris Kabinet, Panglima TNI, Kapolri, hingga para gubernur, bupati, serta walikota dengan tembusan kepada presiden dan wakil presiden.
 
Pada poin kedua tertulis, untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran, serta mengurangi resiko covid-19 yang disebabkan oleh mobilitas penduduk dari satu wilayah ke wilayah lainnya di Indonesia, agar Aparatur Sipil Negara dan keluarganya tidak melakukan kegiatan berpergian ke luar daerah dan atau kegiatan mudik lainnya selama masa berlakunya status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus korona.
 
Kemudian di poin keempat, dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Aparatur Sipil Negara agar mengajak masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya untuk tidak bepergian ke luar daerah dan/atau kegiatan mudik dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriyah ataupun kegiatan mudik lainnya.
 
Serta menjaga jarak aman ketika melakukan komunikasi antar individu (social/physical distancing), membantu meringankan beban masyakat yang lebih membutuhkan di sekitar tempat tinggalnya, dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif