Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

KAI Daop 1 Jakarta Layani Tes Rapid Antigen 41.500 Penumpang dalam 2 Minggu

Ekonomi PT KAI pemeriksaan rapid test
Husen Miftahudin • 04 Januari 2021 15:35
Jakarta: Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa melaporkan sebanyak 41.500 calon penumpang kereta api melakukan tes rapid antigen di Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Angka tersebut merupakan jumlah kumulatif sejak awal layanan tersebut berlangsung pada 21 Desember 2020 sampai dengan 3 Januari 2021.
 
"Calon pengguna yang mendapatkan hasil positif maka tidak akan diperkenankan untuk berangkat. Adapun biaya tiket akan langsung dikembalikan dengan bantuan petugas," ungkap Eva dalam keterangan tertulisnya, Senin, 4 Januari 2021.
 
Bagi calon pengguna yang hasil tes rapid antigennya positif, akan ditempatkan di area khusus untuk diberikan pengarahan oleh tim dokter agar melanjutkan pemeriksaan ke rumah sakit dan melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan setempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Eva memastikan seluruh penumpang yang berangkat dan datang ke area Daop 1 Jakarta dalam kondisi sehat berdasarkan berkas rapid antigen dengan hasil negatif yang wajib dimiliki penumpang saat akan berangkat dari dan menuju area Daop 1 Jakarta dengan masa berlaku tiga hari.
 
"Selain itu kesehatan penumpang juga dipantau melalui pemeriksaan suhu tubuh sebelum berangkat dan disepanjang perjalanan kereta api secara berkala hingga tiba di stasiun akhir untuk memastikan seluruh penumpang memiliki suhu tubuh normal," jelas dia.
 
Bagi penumpang yang tidak dapat memenuhi syarat protokol kesehatan seperti surat rapid antigen dengan hasil negatif dan suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat celsius, maka penumpang tersebut tidak dapat melakukan perjalanan kereta api.
 
"Meski pada masa angkutan Nataru jumlah pengguna mengalami peningkatan, namun Daop 1 Jakarta memastikan seluruh protokol kesehatan dijalankan dengan disiplin, baik untuk penumpang maupun petugas," tegas Eva.
 
Sebagai upaya pencegahan covid-19, para pengguna juga diberikan face shield untuk digunakan sepanjang perjalanan hingga tiba di stasiun tujuan. Para pengguna juga diimbau untuk memakai baju lengan panjang.
 
"PT KAI Daop 1 Jakarta konsisten menerapkan protokol kesehatan di area stasiun, baik untuk penumpang yang berangkat maupun yang datang. Selain menambah perangkat pencuci yang di sejumlah area pelayanan, Daop 1 Jakarta juga menyediakan ruang isolasi sementara untuk digunakan sewaktu-waktu jika dibutuhkan untuk penanganan," tutup Eva.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif