Foto: Ist
Foto: Ist

Tiga Rival Lokal Serie A, Dua Tiket Liga Champions Diperebutkan

Bola ac milan liga italia inter milan
Achmad Firdaus • 23 Mei 2019 00:10
Menyisakan satu laga di akhir pekan, dua tiket Liga Champions dari kompetisi Serie A jadi rebutan tiga tim. Atalanta dan Inter Milan hanya butuh menang untuk mengamankan dua tiket tersebut. Sedangkan AC Milan, selain menang mereka juga harus berdoa agar Atalanta atau Inter terpeleset di laga pamungkas.
 
PEKAN terakhir Liga Italia Serie A masih sengit di saat liga-liga top Eropa sudah merampungkan kompetisi musim 2018--2019. Bukan mencari tim juara, tapi perebutan tiket ke Liga Champions musim 2019--2020.
 
Menyisakan satu laga di akhir pekan, dua tiket Liga Champions tersisa belum memiliki tuan. Masih ada tiga tim yang harus berjibaku di giornata pamungkas untuk mendampingi Napoli (runner-up) dan Juventus (juara Serie A) di kompetisi paling elite Eropa musim depan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Jelang pekan ke-38, tiga rival lokal dari kawasan Milan atau karib disebut Derby Lombardy --Atalanta, Inter Milan dan AC Milan-- harus melakoni "perang segitiga" untuk mendapatkan dua tiket tersisa. Atalanta dan Inter yang sama-sama mengoleksi 66 poin untuk sementara memiliki posisi lebih baik dari Milan yang tertinggal satu poin. Mereka berturut-turut ada di posisi tiga, empat dan lima.
 
AS Roma (63) di posisi enam sejatinya masih bisa menyamai poin Atalanta dan Inter di akhir musim. Sayangnya, pasukan Ibu kota dipastikan tidak bisa lolos ke Liga Champions karena karena kalah head to head dari Inter dan kalah selisih gol dari Atalanta. Sekadar informasi, kompetisi Serie A mengadopsi format head to head sebagai acuan pertama apabila ada tim yang mengakhiri musim dengan poin sama.

Baca: Usai Dibantai Napoli, Inter Dapat Tantangan dari Spaletti


Kembali ke persaingan Liga Champions. Laga pamungkas akan jadi sangat krusial bagi Atalanta, Inter dan Milan untuk dimenangi. Khususnya bagi Atalanta dan Inter. Andai menang di laga pamungkas, mereka dipastikan mengakhiri musim dengan tiket Liga Champions dalam genggaman.
 
Sementara itu, Milan tak hanya wajib menang di laga pamungkas. Selain merebut tiga angka, mereka juga harus 'berdoa' agar dua rival lokal mereka terpeleset. Andai salah satu di antara Atalanta atau Inter gagal meraih poin maksimal di laga pamungkas, Il Diavolo akan kembali mentas di Liga Champions setelah terakhir kali tampil pada musim 2013--2014 atau lima tahun silam.

Hitung-hitungan Atalanta, Inter dan Milan Lolos ke Liga Champions


Pada pekan terakhir, Senin 27 Mei 2019 dini hari WIB, Atalanta, Inter dan Milan akan bertanding secara serentak. Atalanta dan Inter akan menjamu Sassuolo dan Empoli. Sedangkan Milan bertandang ke markas SPAL. Lantas, bagaimana peluang ketiga tim di atas pada pekan terakhir nanti?
 
Kita mulai dari Atalanta. Tim berjuluk La Dea bisa dikatakan berada di posisi yang paling menguntungkan. Sebab, mereka memiliki rekor pertemuan yang baik atas Sassuolo. Pada pertemuan pertama di markas Sassuolo, Desember silam, Atalanta sukses meraih kemenangan telak 6-2.
 
Jadi, peluang tim besutan Gian Piero Gasperini untuk kembali meraih kemenangan atas Sassuolo cukup terbuka. Apalagi, Josip Ilicic dan kawan-kawan akan bermain di hadapan publik sendiri.
 
Andai menang, maka Atalanta tidak perlu melihat hasil pertandingan Inter dan Milan untuk mendapatkan tiket Liga Champions. Namun, jika imbang atau kalah, Atalanta harus berharap di antara Inter atau Milan meraih hasil yang sama dengan mereka.
 
Skenario kelolosan Inter juga serupa dengan Atalanta. Pasukan Luciano Spalletti wajib menang atas Empoli untuk mengamankan tiket Liga Champions.
 
Akan tetapi, perjuangan mengalahkan Empoli diyakini tidak akan mudah. Musababnya, Empoli yang saat ini berada di posisi 17 masih belum aman dari jerat degradasi. Mereka hanya berjarak satu angka dari Genoa di zona merah.
 
Francesco Caputo yang musim ini sudah mengoleksi 16 gol untuk Empoli diyakini akan berjuang mati-matian untuk menyelamatkan timnya agar tidak turun kasta ke Serie B. Apalagi, Empoli datang ke Giuseppe Meazza dengan membawa modal bagus, usai membantai Torino 4-1 di pekan sebelumnya.
 
Berbanding terbalik dengan Empoli, Nerazzurri menatap laga pamungkas dengan kondisi mental yang terguncang. Mauro Icardi dan kolega baru saja dipermalukan Napoli dengan skor 4-1. Belum lagi, pada pertemuan terakhir di kandang Empoli, Inter hanya bisa meraih kemenangan tipis 1-0.
 
Bagi Inter, hasil imbang atau kalah sejatinya masih bisa membuat mereka lolos ke Liga Champions. Namun, syaratnya di pertandingan lain rival sekota mereka, Milan, gagal meraih kemenangan atas SPAL.
 
Lain halnya dengan Milan. Skenario pasukan Merah-Hitam lebih rumit. Gennaro Gattuso harus menyiapkan strategi terbaik di markas SPAL, karena mereka tidak boleh kalah untuk memelihara asa kembali ke kompetisi paling elite di benua biru. Kemenangan atau hasil imbang masih bisa membawa Milan lolos ke Liga Champions.
 
Andai menang lawan SPAL, Milan masih harus berharap salah satu di antara Inter atau Atalanta gagal menang di laga pamungkas. Jikalau Milan hanya imbang lawan SPAL, maka mereka harus berharap Atalanta kalah dari Sassuolo.
 
Dengan demikian, di akhir musim, Milan akan memiliki poin sama dengan Atalanta (66), namun Milan memiliki rekor head to head lebih baik dari La Dea. Musim ini, Milan menang 3-1 di markas Atalanta dan imbang 2-2 di San Siro.

Baca juga:Gattuso Berharap Dipertahankan AC Milan


Bagaimana jika Atalanta menang dan Inter kalah, sementara Milan cuma main imbang? Jika demikian, Milan dipastikan gagal lolos ke Liga Champions. Sebab, meski poin mereka sama dengan Inter (66), Milan kalah head to head. Dalam dua pertemuan musim ini, Milan selalu kalah dari saudara mudanya (1-0 dan 2-3).
 
"Kami akan mengerahkan segala kemampuan untuk menang (lawan SPAL). Selesai pertandingan, kita akan melihat hasil pertandingan lain. Ini tidak mudah (lolos ke Liga Champions), tapi kami harus tetap yakin sampai titik darah penghabisan," ujar kapten tim Milan, Alessio Romagnoli di situs resmi klub.
 
Berkaca dari pertemuan pertama di musim ini, Milan cukup kerepotan saat menghadapi SPAL. Di San Siro, 30 Desember lalu, Milan sempat tertinggal oleh gol Andrea Petagna, sebelum akhirnya Samu Castillejo dan Gonzalo Higuain membalikkan kedudukan menjadi 2-1.
 
Well, tiket Liga Champions musim depan memang wajib diperjuangkan oleh Atalanta, Inter dan Milan. Selain perkara gengsi, tampil di Liga Champions akan memberikan pemasukan yang cukup signifikan ketimbang berkompetisi di kasta kedua Eropa, Liga Europa.
 
Menurut laporan La Repubblica, klub yang lolos ke Liga Champions akan mendapatkan pemasukan sekitar 50 juta euro (Rp809 miliar). Sementara jika berlaga di Liga Europa, mereka hanya menerima 20 juta euro atau setara Rp323 miliar.
 
Hal ini tentunya akan membuat persaingan antara Atalanta, Inter dan AC Milan di pekan pamungkas Serie A musim ini akan sangat menarik dan menegangkan. Dari tiga tim di atas, siapa yang menurut Anda akan mendapatkan dua tiket terakhir ke Liga Champions musim depan?
 
Skenario Atalanta, Inter dan Milan lolos ke Liga Champions:
 
ATALANTA vs Sassuolo
- Menang: Atalanta dipastikan lolos ke Liga Champions
- Imbang: Atalanta lolos jika Milan imbang atau kalah
- Imbang: Atalanta lolos jika Milan menang dan Inter imbang atau kalah
- Kalah: Atalanta lolos jika Milan kalah
 
INTER MILAN vs Empoli
- Menang: Inter dipastikan lolos ke Liga Champions
- Imbang: Inter lolos jika Milan imbang atau kalah
- Imbang: Inter lolos jika Milan menang dan Atalanta kalah
- Kalah: Inter lolos jika Milan juga kalah
 
SPAL vs AC MILAN
- Menang: Milan lolos jika Atalanta atau Inter imbang
- Menang: Milan lolos jika Atalanta imbang, sementara Inter menang
- Menang: Milan lolos jika Inter imbang, sementara Atalanta menang
- Imbang: Milan lolos jika Atalanta kalah
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video:?Gattuso Berharap Dipertahankan AC Milan

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif