Aksi megabintang Barcelona Lionel Messi (kanan) saat melepaskan tembakan dan diadang oleh para pemain Athletic Bilbao (Foto: AFP/Ander Gillenea)
Aksi megabintang Barcelona Lionel Messi (kanan) saat melepaskan tembakan dan diadang oleh para pemain Athletic Bilbao (Foto: AFP/Ander Gillenea)

Barcelona Tertahan di Kandang Bilbao

Bola barcelona liga spanyol athletic bilbao
Patrick Pinaria • 11 Februari 2019 05:38
Bilbao: Barcelona harus puas meraup satu angka kala bertandang ke kandang Athletic Bilbao pada jornada ke-23 La Liga Spanyol 2018--2019, Senin 11 Februari dini hari WIB. Pada laga tersebut, El Barca hanya mampu bermain imbang dengan skor 0-0.
 
Barcelona sejatinya tampil dengan kekuatan penuh. Mereka diperkuat Lionel Messi, Luis Suarez, dan Philippe Coutinho di lini depan.
 
Meski diperkuat ketiga pemain tersebut, Barcelona tampaknya kesulitan menembus pertahanan Bilbao. Meski bermain dengan penguasaan bola sebanyak 66,8 persen, tim besutan Ernesto Valverde tersebut tumpul di depan gawang tim tuan rumah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tercatat, Barcelona hanya mampu menghasilkan dua tembakan mengarah ke gawang dari sepuluh peluang. Sedangkan Bilbao mampu menciptakan lima tembakan mengarah ke gawang dari 13 peluang.
 
Bilbao sudah mampu merepotkan Barcelona pada 20 menit pertama pertandingan. Beberapa kali, mereka memberikan ancaman lewat pergerakan Susaeta dan Yuri.
 
Salah satu ancaman berbahaya diciptakan Bilbao pada menit ke-16. Saat itu, Susaeta melepaskan tembakan keras di depan kotak penalti Barcelona. Namun, bola masih bisa diselamatkan kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen.

Baca: Remukkan Chelsea, City Puncaki Klasemen

Barcelona mulai mengendalikan permainan. Pada menit ke-21, mereka mampu mengancam gawang Bilbao lewat pergerakan Luis Suarez. Striker asal Uruguay tersebut sukses melepaskan tandukan usai mendapat umpan dari Lionel Messi. Namun, bola masih melenceng dari gawang.
 
Bilbao tidak tinggal diam. Mereka kembali menekan Barcelona. Pada menit ke-24, Raul Garcia menusuk pertahanan Barcelona dan melepaskan tembakan salto. Akan tetapi, upayanya masih bisa digagalkan Ter Stegen.
 
Pada menit ke-40, Bilbao mendapat kesempatan baik lagi dari Raul Garcia di dalam kotak. Namun, upayanya gagal berbuah maksimal.
 
Hingga turun minum, kedua tim belum mampu mencetak gol. Skor 0-0 bertahan untuk kedua tim.
 
Barcelona mencoba untuk tampil lebih agresif pada awal babak kedua. Mereka mulai mampu mengurung Bilbao. Namun, mereka tampak kesulitan menciptakan gol karena rapatnya pertahanan tim tuan rumah.
 
Namun, bukan berarti Bilbao tanpa peluang. Pada menit ke-65, mereka mampu mengancam gawang Barcelona lewat tembakan Yuri yang masih melebar dari gawang.

Baca: Cukur Cagliari, Milan Pertahankan Posisi Keempat

Pelatih Barcelona Valverde tampaknya tidak puas dengan kinerja lini depan timnya. Ia pun mencoba untuk melakukan pergantian dengan menarik Coutinho pada menit ke-75. Ia digantikan oleh Ousmane Dembele.
 
Namun, kehadiran Dembele juga belum mampu memberikan efek positif untuk Barcelona. Sebaliknya, Bilbao justru tampil lebih agresif, terutama dalam sepuluh menit pertandingan berakhir. Beberapa peluang diciptakan tim tuan rumah melalui Muniain dna Williams.
 
Beruntung bagi Barcelona. Serangan-serangan Bilbao tidak ada yang berbuah maksimal.
 
Nasib apes didapat Bilbao pada masa injury time. Mereka harus kehilangan De Marcos karena mendapat kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran handball.
 
Barcelona mencoba untuk memanfaatkan keunggulan pemain. Mereka berupaya menekan Bilbao. Namun, tidak ada yang membuahkan hasil. Skor 0-0 tidak berubah hingga laga usai.
 
Dengan hasil ini, Barcelona masih bertahan di puncak klasemen dengan mengoleksi 51 poin. Namun, jarak mereka dengan pesaing terdekat mereka, Real Madrid semakin dekat. Kini, keduanya hanya terpaut enam poin.
 

Susunan pemain:
 
Athletic Bilbao: Iago Herrerin; Oscar De Marcos, Yeray Alvarez, Inigo Martinez, Mikel Balenziaga, Benat Etxebarria/San Jose (56'), Dani Garcia, Markel Susaeta/Muniain (62'), Raul Garcia, Yuri, Inaki Williams/Kodro (90').
 
Barcelona: Marc-Andre ter Stegen, Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet/Thomas Vermaelen (88'), Sergio Roberto, Arturo Vidal/Carles Alena (63'), Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Lionel Messi, Luis Suarez, Philippe Coutinho/Dembele (75').
 

Video: VAR di Bandung Premier League
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi