Para pemain Manchester City merayakan gol Sergio Aguero (tengah) ke gawang Chelsea (Foto: AFP/Paul Ellis)
Para pemain Manchester City merayakan gol Sergio Aguero (tengah) ke gawang Chelsea (Foto: AFP/Paul Ellis)

Remukkan Chelsea, City Puncaki Klasemen

Bola liga inggris manchester city chelsea
Patrick Pinaria • 11 Februari 2019 01:03
Sergio Aguero tampil sebagai bintang kemenangan Manchester City atas Chelsea. Tiga di antara enam gol The Citizens itu dicetak oleh striker asal Argentina tersebut.
 
Manchester
: Manchester City tampil ganas saat menjamu Chelsea pada matchday ke-26 Liga Primer Inggris 2018--2019, Minggu 10 Februari. Tanpa ampun, The Citizens mengantam The Blues dengan skor telak 6-0.
 
City sejatinya tidak terlalu mendominasi pertandingan. Statistik mencatat tim besutan Josep "Pep" Guardiola hanya bermain dengan penguasaan bola sebanyak 54,2 persen berbanding 45,8 persen dari City.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Bahkan, dalam hal agresivitas, kedua tim cukup berimbang. Tercatat, City menciptakan 15 tembakan sepanjang babak pertama. Sedangkan The Blues menciptakan 12 tembakan.
 
Namun, City mampu tampil lebih produktif ketimbang Chelsea. Buktinya, dari total peluang mereka ciptakan, City mampu melesakkan enam gol sepanjang laga.
 
City tidak butuh lama untuk membuka keunggulan. Laga baru berjalan empat menit, Sky Blue sukses membobol gawang Chelsea melalui gol Raheem Sterling.
 
Selang delapan menit, City mampu menambah keunggulan lewat Sergio Aguero. Meneruskan umpan dari Kevin De Bruyne, striker asal Argentina tersebut melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti.
 
City tidak langsung mengendurkan serangan meski unggul dua gol. Pada menit ke-19, Aguero kembali memperbesar keunggulan setelah memanfaatkan kesalahan umpan dari Ross Barkley.

Baca: Arema Tahan Imbang Timnas U-22

Chelsea mencoba untuk merespons. Pada menit ke-21, Barkley melepaskan tembakan melengkung usai mendapat operan dari Eden Hazard di dalam kotak penalti. Namun, bola gagal menemui sasaran tepat.
 
Alih-alih bakal mencetak gol, Chelsea malah kebobolan lagi. Tepat pada menit ke-25, Ilkay Guendogan membobol gawang Chelsea.
 
Berawal dari pergerakan Raheem Sterling yang mengumpan kepada Aguero. Bola mampu dibuang oleh Ruediger. Namun, bola justru mengarah ke Guendogan yang akhirnya melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti.
 
Tertinggal empat gol, Chelsea tidak panik. Mereka justru semakin menunjukkan agresivitas mereka. Beberapa peluang mereka ciptakan melalui Pedro Rodriguez dan Gonzalo Higuain. Namun, upaya mereka tidak ada yang berbuah maksimal.
 
Hingga turun minum, tidak ada tambahan gol tercipta. Skor 4-0 bertahan untuk keunggulan City.
 
Situasi sedikit berubah ketika memasuki babak kedua. City tampil lebih agresif. Mereka langsung menekan pertahanan Chelsea.
 
Tekanan City pun sampai membuat para pertahanan Chelsea kelimpungan. Pada menit ke-55, bek The Blues Azpilicueta melakukan pelanggaran terhadap Sterling di dalam kotak penalti. Kesempatan penalti didapat City.

Baca: Lucas Hernandez Buka Peluang Hengkang dari Atletico Madrid

Aguero maju sebagai eksekutor. Ia pun menuntaskan tugasnya dengan baik usai melepaskan tembakan ke sudut kanan bawah gawang.
 
Ancaman kembali diberikan City. Kali ini, De Bruyne melepaskan tembakan dari tendangan bebas. Namun, bola masih mampu dimentahkan kiper Chelsea Kepa.
 
Chelsea mencoba keluar dari tekanan. Mereka sukses menciptakan peluang mengancam pada menit ke-65 lewat Hazard. Sayangnya, tendangan kerasnya di dalam kotak gagal berbuah maksimal.
 
City kembali mendominasi. Alhasil, Sterling sukses membuat gawang Chelsea kembali takluk pada menit ke-80. Pemain asal Inggris tersebut menyontek bola ke dalam gawang usai mendapat umpan terusan dari Oleksandr Zinchencko.
 
City mulai mengendurkan serangan mereka ketika laga memasuki menit-menit akhir. Namun, Chelsea tidak mampu memanfaatkan situasi tersebut. Alhasil, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.
 
Berkat kemenangan tersebut, City kini kembali naik ke puncak klasemen dengan mengoleksi 65 poin. Mereka menggeser posisi Liverpool ke peringkat kedua. Meskipun keduanya memiliki poin sama, City berhak menempati puncak klasemen karena unggul produktivitas gol.
 
Sementara itu, kekalahan dari City membuat Chelsea harus bertahan di posisi kelima klasemen sementara dengan mengoleksi 50 poin. Kini, mereka tertinggal satu poin dari Manchester United yang berada di posisi keempat.
 

Susunan pemain:
 
Manchester City: Ederson Moraes, Oleksandr Zinchenko, Aymeric Laporte, John Stones, Kyle Walker, Ilkay Guendogan, Fernandinho/David Silva (75'), Kevin De Bruyne/Riyad Mahrez (68'), Raheem Sterling, Sergio Aguero/Gabriel Jesus (65'), Bernardo Silva.
 
Chelsea: Kepa Arrizabalaga, Antonio Ruediger, David Luiz, Marcos Alonso/Emerson (73'), N'Golo Kante, Jorginho, Ross Barkley/Mateo Kovacic (52'), Pedro Rodriguez/Ruben Loftus-Cheek (65'), Gonzalo Higuain, Eden Hazard.
 

Video: Manajer Persija Jakarta Isyaratkan Mundur
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif