Momen saat Lionel Messi (kanan) melakukan selebrasi bersama Luis Suarez (kiri) (Foto: AFP/Jose Jordan)
Momen saat Lionel Messi (kanan) melakukan selebrasi bersama Luis Suarez (kiri) (Foto: AFP/Jose Jordan)

Messi Hattrick, Barcelona Cukur Levante

Bola barcelona liga spanyol
Patrick Pinaria • 17 Desember 2018 04:49
Valencia: Barcelona tampil perkasa di markas Levante pada jornada ke-16 La Liga Spanyol 2018--2019, Senin 17 Desember. Tak tanggung-tanggung, El Barca menghantam tim tuan rumah dengan skor telak 5-0.

Skor tersebut memang menggambarkan situasi pertandingan. Tercatat, Barcelona mampu bermain dengan penguasaan bola sebanyak 57 persen berbanding 43 persen dari milik Levante.

Barcelona juga tampil tajam di depan gawang Levante. Total, tim besutan Ernesto Valverde tersebut menciptakan sembilan tembakan mengarah ke gawang. Sedangkan tim tamu melepaskan enam tembakan mengarah ke gawang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Meski tampil agresif, Barcelona sempat kerepotan meladeni permainan tim tuan rumah pada awal babak pertama. Mereka justru mendapat ancaman dari Levante pada menit kelima. Ketika itu, tim tuan rumah menciptakan peluang melalui Emmanuel Okyere Boateng. Namun, tembakannya masih mengenai kaki kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen. Namun, Barcelona tidak tinggal diam. Mereka juga mengancam gawang Levante lewat beberapa peluang melalui Thomas Vermaelen dan Lionel Messi. Namun, upaya-upaya mereka tidak membuahkan hasil.

Baca: Arsenal Merana di Markas Southampton

Barcelona akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-35. Gol tersebut diciptakan melalui Luis Suarez. Lionel Messi mengawali gebrakan Barcelona di depan kotak penalti. Kemudian, ia mengirimkan umpan yang berhasil diakhiri Suarez dengan tembakan voli.

Unggul satu gol tidak membuat para pemain Barcelona puas. Mereka tetap tampil agresif. Hingga akhirnya, mereka mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-43 melalui gol Messi.

Sergio Busquets menjadi kreator dari gol tersebut. Ia melepaskan operan kepada Messi yang berhasil diselesaikan dengan baik.

Hingga turun minum, tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 2-0 bertahan untuk keunggulan Barcelona.

Memasuki babak kedua, Barcelona tetap menunjukkan dominasi. Alhasil, tim besutan Ernesto Valverde tersebut mampu memperbesar skor pada menit ke-47. Messi lagi-lagi membuat gawang Levante bobol. 

Messi benar-benar menjadi sosok menakutkan bagi gawang Levante. Tepat pada menit ke-60, bintang asal Argentina tersebut kembali menjebol gawang tim tuan rumah usai mendapat umpan dari Arturo Vidal.

Baca: Napoli Susah Payah Bungkam Cagliari

Nasib buruk dialami Levante. Pada menit ke-78, mereka harus kehilangan satu pemain, Erick Cathriel Cabaco Almada. Ia diberi kartu merah oleh wasit.

Unggul jumlah pemain, Barcelona semakin leluasa menyerang. Pada menit ke-80, mereka bahkan sukses menghantam gawang Levante lewat Gerard Pique yang memanfaatkan umpan Messi.

Gol tersebut menjadi yang terakhir pada laga itu. Hingga laga usai, Barcelona memastikan kemenangan dengan skor telak 5-0.

Hasil ini membawa Barcelona mantap di puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 34 poin. Mereka unggul tiga poin dari Sevilla yang berada di posisi kedua.

Sedangkan Levante harus turun ke posisi kedelapan klasemen sementara usai menelan kekalahan tersebut. Kini, mereka mengoleksi 22 poin harus tertinggal dua poin dari Getafe yang berada di posisi keenam.


Susunan pemain:

Levante: Oier, Rober, Sergio Postigo/Sanjin Prcic (70'), Erick Cabaco, Tono, Enis Bardhi, Campana, Ruben Rochina/Coke (69'), Jason, Jose Luis Morales, Emmanuel Boateng/Borja Mayoral (62').

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen, Gerard Pique, Clement Lenglet, Thomas Vermaelen/Arthur (52'), Ousmane Dembele/Denis Suarez (81'), Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arturo Vidal/Philippe Coutinho (78'), Jordi Alba, Luis Suarez, Lionel Messi.


Video: Jakarta Lautan Oranye

 


(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi