Jose Mourinho (AFP/Oli Scarff)
Jose Mourinho (AFP/Oli Scarff)

Memilih Pengganti Mourinho di MU

Bola liga inggris manchester united
Gregorius Gelino • 18 Desember 2018 18:49
Jakarta: Jose Mourinho telah resmi dipecat dari kursi kepelatihan Manchester. Namun demikian, manajemen klub tidak akan langsung menunjuk pelatih permanen untuk menggantikan Mourinho.

Seperti yang diungkapkan dalam pernyataan resminya, manajemen MU memutuskan untuk menggunakan jasa pelatih sementara atau caretaker hingga akhir musim ini. Sementara pelatih permanen baru akan diumumkan manajemen MU pada akhir musim ini.

Sambil menunggu pengumuman siapa pelatih sementara MU hingga akhir musim, beberapa media Eropa mulai ramai mengaitkan sosok pelatih berkualitas yang berpeluang dikontrak manajemen MU sebagai pelatih permanen mulai musim depan:
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



1. Zinedine Zidane

Dalam beberapa bulan ke belakang, nama Zinedine Zidane santer disebutkan sebagai kandidat terkuat yang akan mengisi kursi kepelatihan United musim depan. Apalagi pria yang akrab disapa Zizou itu berstatus tanpa klub dan beberapa waktu lalu ia mengungkapkan bahwa dirinya baru akan kembali ke dunia manajerial pada musim panas. Penunjukkan legenda Real Madrid tersebut bisa dibilang masuk akal. Dia juga telah menunjukkan kapasitasnya sebagai pelatih dengan memenangkan tiga gelar Liga Champions secara beruntun pada 2016 hingga 2018, selain trofi La Liga Spanyol pada musim 2016--2017.

Terakhir kali sebuah klub memenangkan trofi Si Kuping Besar secara beruntun adalah AC Milan pada 1989 dan 1990. Tim terakhir yang memenangkan Liga Champions tiga kali secara beruntun adalah Ajax Amsterdam pada 1971 hingga 1973. Kedua tim tersebut memenangkannya ketika Liga Champions masih bernama Piala Champions.

Baca juga: RESMI: Manchester United Pecat Jose Mourinho

2. Antonio Conte

Pelatih hebat lain yang juga berstatus tanpa klub adalah 
Antonio. Pelatih berpaspor Italia itu saat ini tengah menganggur usai dipecat Chelsea pada awal musim ini.

Nama Conte disebut-sebut patut dipertimbangkan karena sudah membuktikan kapasitasnya sebagai juru taktik dengan dua tim berbeda di liga berbeda.

Ia mampu membawa Juventus merajai Serie A Italia dengan meraih tiga titel beruntun sejak musim 2011--2012 hingga 2013--2014. Ia juga mampu memenangkan Liga Primer Inggris di musim perdananya bersama Chelsea pada 2016--2017.

Namun, Conte kerap terlibat masalah dengan manajemen klub. Ia bahkan memilih meninggalkan Juventus karena pemain buruannya gagal didapatkan. Selain itu, ia juga kerap mengkritik manajemen Chelsea karena gagal mendapatkan pemain yang diinginkannya.

Hubungan manajer dengan manajemen klub sangat krusial bagi United. Hal itulah yang membuat Mourinho jarang berulah ketika menangani The Red Devils, tak seperti ketika menangani Real Madrid, Chelsea, Inter Milan hingga Porto.

Baca juga: Statistik yang Membuat Mourinho Dipecat MU

3. Mauricio Pochettino

Nama Pochettino juga masuk dalam daftar kandidat pelatih United meski saat ini sang pelatih masih terikat kontrak dengan Tottenham Hotspur.

Pelatih asal Spanyol ini dinilai cocok menukangi MU karena memiliki filosofi bermain yang sesuai dengan karakter MU; yakni bermain menyerang.

Selain itu, ia juga pintar dalam memaksimalkan pemain yang dimilikinya. Pochettino sukses membawa Spurs bersaing di papan atas dalam beberapa musim terakhir, kendati tidak didukung oleh sumber daya pemain yang luar biasa.

Namun, salah satu hal yang jadi nilai minus Pochettino adalah prestasi. Sejauh ini, ia belum pernah membawa klub yang dilatihnya meraih gelar juara.

Selain itu, manajemen Spurs juga diyakini tidak akan dengan mudah tampaknya enggan kehilangan Pochettino, apalagi melepasnya ke rival di liga. Ditambah lagi, Spurs berpotensi kehilangan pemain-pemain andalannya yang memilih mengikuti Pochettino atau hengkang ke klub lain karena Pochettino sudah tidak berada di klub.

Siapapun pengganti Mourinho kelak, mereka tentu akan memikul beban berat. Pasalnya, sejak kepergian Sir Alex Ferguson pada 2013 lalu, United belum sekalipun mencicipi gelar liga dan selalu dihantui bayang-bayang pelatih legendaris Skotlandia itu. Sulit menghapus memori pelatih yang menukangi satu klub selama 27 tahun dan merasakan kesuksesan terbesar sepanjang sejarah klub tersebut bersama sang pelatih.

Video: Persib Bantah Ingin Rekrut Wesley Sneijder

 


(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi