PSSI Didesak Benahi Kinerja Wasit Liga 2
Pelatih Persiraja Banda Aceh, Akhyar Ilyas (berbaju putih). (Medcom.id-Ahmad Mustaqim)
Sleman: Wasit di kompetisi Liga 2 musim ini menjadi sorotan sejumlah tim. Sang pengadilan dinilai tak bisa menunjukkan kinerja berimbang dalam memimpin pertandingan. 

Pelatih Persiraja Banda Aceh, Akhyar Ilyas menjadi salah satu arsitek yang kecewa dengan kinerja wasit. Saat timnya hanya membutuhkan satu poin saat melawan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta, Rabu, 21 November 2018, Persiraja justru kalah telak 0-5. 

Akhyar merasa ada yang tak adil pada kinerja wasit. Saat pemain Persiraja menyenggol sedikit pemain PSS, kata dia, dengan mudah wasit menganggap sebagai pelanggaran. 


"Saya kecewa dengan kinerja wasit. Pemain PSS tersenggol sedikit jatuh dianggap pelanggaran. Itu pelanggaran kecil," kata Akhyar selepas pertandingan melawan PSS Sleman. 

Bagi dia, kemanangan besar PSS tak mencerminkan jalannya pertandingan. Ia menilai Persiraja tampil baik dan bisa mengimbangi PSS. 

Klik di sini: Harapan Bima untuk Suporter Indonesia Jelang Bentrok dengan Filipina

"Kami mengakui PSS Sleman bisa bermain dengan lebih efektif. Kami ada sejumlah peluang tapi gagal jadi gol. Sementara, warga mulai 'normal' setelah (Persiraja) tertinggal 0-4," ucapnya. 
 
Mau kalah berapapun Persiraja, ia menyesalkan hasil itu karena timnya hanya butuh satu poin. Ia pun mengakui PSS lebih unggul dalam permainan, termasuk dukungan suporter. 

Sementara itu, ia juga tak menduga jika pada pertandingan lain Madura FC kalah 1-2 dari Persita Tangerang. Padahal, selama ini Madura FC kerap sulit dikalahkan di kandang. 

"PSSI harus serius memperbaiki kinerja wasit Liga 2. Ada rasa frustasi membangun tim di Liga 2. Faktor-faktor itu sangat mempengaruhi. Kinerja wasit tak hanya di (pertandingan) sini, tapi juga di luar," ungkapnya. 

Sebelum Akhyar, pelatih Madura FC, Salahudin, juga sempat memprotes kinerja wasit Liga 2. Saat ini, Salahudin keberatan ketika timnya kebobolan dari PSS Sleman dalam pertandingan di Stadion Maguwoharjo. Ketika itu, Salahudin menilai pemain PSS lebih dulu off side ketika menerima umpan sebelum akhirnya terjadi gol bunuh diri.

Video: Timnas Indonesia Fokus Petik Kemenangan Lawan Filipina




metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id