Suasana pemberian rekomendasi BOPI kepada PT LIB. (Foto: medcom.id/Rendy Renuki)
Suasana pemberian rekomendasi BOPI kepada PT LIB. (Foto: medcom.id/Rendy Renuki)

Keluarkan Rekomendasi, BOPI Tetap Warning Liga 1

Bola liga 1 indonesia
Rendy Renuki H • 10 Mei 2019 21:06

Kendati mengeluarkan rekomendasi, BOPI tetap memberikan perhatian khusus kepada PT LIB dan PSSI. Tercatat ada lima poin yang menjadi warning BOPI.

Jakarta: Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) telah mengeluarkan rekomendasi untuk kompetisi Liga 1 2019. Namun, BOPI tetap memberikan warning pihak yang menaungi kompetisi Liga 1, termasuk PT Liga Indonesia Baru selaku operator dan PSSI sebagai federasi.
 
Ketua Umum BOPI, Richard Sambera, memberikan beberapa poin untuk menjadi perhatian. Mulai dari kualitas pertandingan, keamanan, hingga sisi bisnis dan finansial klub yang sehat.
 
"Kami sudah cek semua dari hasil verifikasi ini, semua klub di Liga 1 ini sudah oke," kata Richard saat jumpa pers di Kantor Kemenpora, Jumat 10 Mei.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Berikut beberapa poin yang menjadi warning BOPI kepada pihak yang menaungi Liga 1:
 
1. BOPI berharap operator beserta panpel masing-masing bekerja profesional dan penuh tanggung jawab. Dari awal pertemuan BOPI dan LIB, tidak ingin lagi ada tindak kekerasan di dan sekitar pertandingan Liga 1 2019 nanti. BOPI akan bereaksi tegas jika ada tindakan yang tidak diinginkan terjadi. Indonesia mampu menyelenggarakan pertandingan bertaraf dunia yang dapat menciptakan rasa aman, menghibur, dan BOPI berharap itu bisa berlanjut di Liga 1 2019.
 
2. BOPI berharap PSSI menjadi lembaga yang tegas, fair, transparan dan bertanggung jawab kepada kompetisi Liga 1. PSSI seyogyanya bisa menaungi liga 1 dengan baik. Menyediakan pengadil (wasit) yang bersikap profesional dan intergritas tinggi mengawal setiap pertandingan Liga 1 2019.

Baca: BOPI Beri Rekomendasi Bergulirnya Liga 1 2019

3. BOPI berharap seluruh klub berkompetisi dengan sehat, berintegrasi tinggi dan bertanggung jawab. Sepak bola profesional adalah sebuah bisnis hiburan olahraga, karena itu setiap pebisnis yang bergelut di bidang ini harus bersikap fair. BOPI berharap ketidakmampuan membayar gaji pemain di tengah kompetisi tidak terjadi lagi musim ini dan masa depan. Klub juga dituntut membangun hubungan baik dengan masyarakat di kotanya dan pendukungnya saat mengikuti Liga 1.
 
4. BOPI berharap untuk pemain di Liga 1 bersikap sportif baik di lapangan dan luar lapangan. Para pemain harus menjadi contoh masyarakat luas, terutama suporter.
 
5. BOPI berharap suporter menjauhi tindakan kekerasan antarsuporter. BOPI berharap tidak ada satu pun tawuran lagi di Indonesia hingga sampai ada korban tewas. Suporter tim lain bukan musuh yang harus dimusnahkan.
 
Video: Meski Kalah, Ten Hag Tetap Bangga dengan Ajax
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif