PSSI

PSSI Diwajibkan Bayar Utang Rp13,9 miliar kepada La Nyalla

Patrick Pinaria 31 Oktober 2018 22:06 WIB
pssi
PSSI Diwajibkan Bayar Utang Rp13,9 miliar kepada La Nyalla
Kantor PSSI lama saat masih bertempat di Kompleks GBK (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.)
Jakarta: Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) dinyatakan kalah dalam persidangan perihal utang-piutang melawan mantan ketumnya, La Nyalla Mattalitti. Induk sepak bola Tanah Air itu pun diwajibkan melunasi utang kepada La Nyalla sebesar Rp13,9 miliar.

Kepastian utang PSSI itu sesuai dengan hasil keputusan sidang perdata gugatan utang-piutang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 31 Oktober. La Nyalla dinyatakan menang dalam gugatan utang yang sudah diajukannya sejak tidak menjabat sebagai Ketua Umum PSSI.

Namun, tidak seluruh gugatan La Nyalla dikabulkan. Salah satunya adalah Gugatan Provisi. Gugatan itu, yakni PSSI punya kewajiban langsung bayar utang senilai 30 persen.


Baca: Jadwal Padat, Tottenham tak Turun dengan Kekuatan Penuh Kontra West Ham

Ketua Majelis Hakim Indrawati bersama dengan anggotanya, Martin Ponto dan Dedy Hermawan memutuskan PN Jaksel menyatakan Tergugat (PSSI, red) wanprestasi, dan menghukum Tergugat untuk membayar utang kepada Penggugat senilai utang yang tercatat, serta menghukum tergugat untuk membayar biaya perkara.  

Meski hanya sebagian gugatannya dikabulkan, kuasa hukum La Nyalla dari kantor law firm Asshiddiqie, Pangaribuan & Partners Law Firm, Robby Ferliansyah Asshidiqqie yang didampingi Achmad Haikal Assegaf menerima keputusan PN Jaksel.

"Kami mengapresiasi keputusan Majelis Hakim ini, meskipun Gugatan provisi kami tidak dikabulkan. Berdasarkan Putusan yang telah dibacakan tadi, berarti PSSI tidak punya kewajiban langsung bayar senilai 30 persen dari utangnya seperti yang kita minta dalam Permohonan Provisi yang kami ajukan. Tetapi PSSI wajib bayar seluruh utangnya, setelah putusan ini berkekuatan hukum tetap atau inkracht," ujar Robby dalam rilis yang diterima Medcom.id, Rabu (31/10/2018).

Baca: Lionel Messi Kembali Berlatih

Namun, PSSI masih diberi kesempatan untuk mengajukan banding atas gugatan tersebut. Kesempatan banding diberikan kepada PSSI selama 14 hari setelah gugatan ini diputuskan.

"Setelah Putusan ini telah dibacakan, Tergugat punya kesempatan dalam 14 hari ini untuk menyatakan Banding atau tidak. Kalau menerima, ya setelah 14 hari, klien kami sudah bisa menagih piutangnya dengan dasar hukum putusan ini. Jika diabaikan, kami bisa anggap PSSI melakukan perbuatan yang melanggar hukum. Kalau tidak mau bayar juga bisa dipidanakan. Tetapi kami yakin PSSI tidak akan mengambil risiko itu," tutur Haikal. 


Video: Data dan Fakta Garuda Nusantara di Piala Asia U-19

 



(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id