Trofi UEFA Cup Winners' Cup (Foto: Istimewa)
Trofi UEFA Cup Winners' Cup (Foto: Istimewa)

On This Day

1966: Dortmund Kalahkan Liverpool pada Final UEFA Cup Winner's Cup

Bola pada hari ini
M. Rizky Adhestian • 05 Mei 2018 11:39
Glasgow: Borussia Dortmund sukses memenangkan gelar UEFA Cup Winners' Cup 1966. Die Borussen menekuk wakil Inggris, Liverpool, dengan skor tipis 2-1 di partai final.
 
UEFA Cup Winners' Cup merupakan kompetisi yang diikuti oleh seluruh klub Eropa pemenang piala liga domestiknya masing-masing. Kompetisi tersebut berjalan pertama kali pada musim 1960--1961 dan yang terakhir pada 1998--1999.
 
Sebelumnya, Dortmund memenangkan titel DFB-Pokal 1964--1965 dengan mengalahkan Alemmania Aachen. Sementara itu, di musim yang sama Liverpool mengalahkan Leeds United untuk menyabet Piala FA.

Baca:Prediksi Ropan: Barca Menang di El Clasico, Liverpool Tahan Chelsea

Partai final UEFA Cup Winners' Cup 1966 adalah final kompetisi Eropa pertama bagi Dortmund maupun Liverpool. Pertandingan digelar pada 5 Mei 1966 di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Dortmund bukan menang dengan mudah. Pasalnya, The Reds sukses memaksa pertandingan lanjut ke babak tambahan setelah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 hanya tujuh menit setelah Dortmund mencetak gol pembuka.
 
Namun, gol kemenangan tercipta pada babak tambahan pertama, menit ke-107 lewat gol striker asal Jerman, Reinhard Libuda. Alhasil, Dortmund menjadi tim keenam sekaligus wakil Jerman pertama yang memenangkan turnamen tersebut.
 
Kini, UEFA Cup Winners' Cup sudah berganti nama menjadi UEFA Europa League. Terlebih, sejak 1972 pemenang turnamen tersebut akan diadu dengan pemenang European Cup (UEFA Champions League) dalam pertandingan UEFA Super Cup.

 

(ASM)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif