Suasana Brasil vs Argentina. (Foto: AFP)
Suasana Brasil vs Argentina. (Foto: AFP)

Prediksi Brasil vs Argentina: La Albiceleste Coba Mengobati Luka Lama

Bola timnas brasil copa america timnas argentina
Alfa Mandalika • 02 Juli 2019 16:46

Duel sengit tersaji di Copa America 2019. Tuan rumah Brasil ditantang Argentina pada babak semifinal yang dihelat, Rabu 3 Juli pagi WIB.

Belo Horizonte: Argentina ditakdirkan berjumpa Brasil di semifinal Copa America 2019. La Albiceleste bertekad mengobati luka lama.
 
Ya, terakhir kali Argentina berhadapan dengan Tim Samba di ajang Copa America pada 2007. Kala itu, pada laga final yang dihelat di Estadio Jose Pachencho Romero, Venezuela, Brasil menang telak 3-0 sekaligus mengukuhkan gelar kedelapan di ajang Copa America.
 
Kini, Brasil dan Argentina akan saling sikut pada Rabu 3 Juli waktu setempat. Sebelum pertemuan pada babak empat besar, Argentina nyaris terhenti pada penyisihan grup. Sebab, mereka sempat kalah dari Kolombia dan ditahan imbang Paraguay.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Namun, Argentina menunjukkan kualitas terbaiknya dengan mengalahkan Qatar pada penyisihan grup terakhir. Lalu, pada perempat final, mereka membungkam Venezula dengan skor 2-0.
 
Sedangkan Brasil, skuat asuhan Tite terbilang mulus. Mereka mengalahkan Bolivia (3-0), imbang 0-0 kontra Venezuela, dan menundukkan Peru 5-0. Pada perempat final, Brasil menang atas Paraguay lewat adu penalti.
 
Tite susah tidur
Ada kekhawatiran yang menggelayuti pikiran pelatih Brasil, Tite. Dia mengaku sulit tidur jelang menghadapi Argentina.
 
"Saya tidak bisa tidur. Saya bukan Superman. Saya selalu gugup dan saya harus bisa mengatasinya," ujar Tite.
 
"Sebagai pelatih, saya selalu membawa catatan di dekat saya agar saya bisa menuliskan ide saya," sambungnya.
 
Rasa khawatir Tite bisa dimaklumi. Sebab, Argentina selalu konsisten dan tidak kebobolan dalam dua laga terakhir.
 
Tite juga mengomentari skuat Argentina secara keseluruhan. Dia bilang, Argentina tidak mengandalkan kualitas individu yang ada pada diri Lionel Messi.
 
"Kami tidak hanya berbicara tentang individualitas Argentina. Mereka juga tumbuh secara kolektif," ujar Tite.
 
"Kolektif meningkatkan individualitas. Anda tidak menghentikan Messi, tidak, Anda bisa memperlambat gerakannya, tetapi Anda tidak bisa mematikan gerakannya".
 
"Argentina memanfaatkan pemain bintang mereka dan menjadikan mereka sebuah unit yang kompak. Anda tidak bisa mematikan Messi. Anda mungkin bisa mengurangi pengaruhnya namun tidak menetralisasi ancamannya," tegas Tite.
 
Pernyataan Tite ada benarnya. Terbukti, Messi baru mencetak satu gol saat berhadapan dengan Paraguay. Sisanya, lini lain bisa menyumbangkan gol.

Baca: Kontra Brasil, Aguero Dipastikan Starter

Membedah kekuatan antarlini
Berbicara kualitas pemain Brasil dan Argentina, takkan pernah habis. Dalam berbagai periode, selalu muncul pemain bintang. Bisa dibilang, kedua negara tersebut menjadi gudang pencetak pesepak bola berbakat.
 
Jelang laga semifinal besok, selain ada keuntungan tampil di depan publik sendiri, Brasil punya senjata andalan di lini tengah. Nama-nama pemain seperti Casemiro, Phillippe Coutinho, Gabriel Jesus siap menjalankan perannya masing-masing untuk membongkar pertahanan Argentina. Di lini serang, Roberto Firmino diplot menjadi target man.
 
Lini belakang Brasil juga sangat siap menghadapi Argentina. Di sana ada Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, dan Filipe Luis. Belum lagi, berdiri tegak di bawah mistar gawang ada Alisson Becker.
 
Prediksi Brasil vs Argentina: La Albiceleste Coba Mengobati Luka Lama
Skuat Timnas Brasil sedang berlatih. (Foto: AFP/Luis Acosta)
 
Bahkan, Alisson sudah tidak sabar bertemu Messi. Ini merupakan kelima kalinya Alisson berjumpa Messi. Empat pertemuan sebelumnya terjadi di level klub. Tepatnya di kompetisi Liga Champions. Musim 2017--2018.
 
Pada musim itu, Alisson berjumpa dengan Messi pada babak perempat final Liga Champions. Saat itu, Alisson masih berseragam AS Roma menghadapi Messi di Barcelona.
 
Hasilnya pun berpihak pada Alisson. Ia sukses membantu Roma menyingkirkan Barcelona dengan agregat 4-4. Pada laga tersebut, I Giallorossi menang secara gol tandang.
 
Musim berikutnya (2018--2019), Alisson ditakdirkan berjumpa lagi dengan Messi. Namun, Alisson sudah berganti seragam. Pada musim itu, ia sudah memperkuat Liverpool dan berjumpa dengan Barcelona pada babak semifinal.
 
Lagi-lagi, hasil positif berpihak pada Alisson. Ia bersama Liverpool sukses menaklukkan Barcelona dengan skor agregat 4-3.
 
"Saya percaya pada tim saya, pada kinerja saya, dan yakin bahwa kami akan membuat pertandingan yang hebat. Kami harus siap untuk segalanya," ujar Alisson.
 
"Kisah di Roma dan Liverpool sama-sama sangat berbeda. Untungnya, mereka menghadirkan dua kisah bahagia bagi saya. Saya berada di dua tim yang bermain secara kolektif. Tim kami bermain seperti ini, sebagai tim, dan kompak. Saya sekarang menjalani dua pengalaman penting," lanjutnya.
 
Di kubu Argentina, juru taktik Lionel Scaloni sudah menyiapkan penggawa terbaik. Striker Sergio Aguero sudah dipersiapkan sejak menit awal.
 
Kendati Aguero belum memberikan kontribusi maksimal, penyerang Manchester City tetap mendapatkan kesempatan.
 
"Saya bisa konfirmasi adalah bahwa Aguero akan menjadi starter," ujar Scaloni dilansir sportskeeda.
 
"Selalu keluar bahwa keraguannya adalah Aguero dan dia akhirnya bermain. Selebihnya tidak dikonfirmasi, bahkan Messi," tambahnya.
 
Prediksi Brasil vs Argentina: La Albiceleste Coba Mengobati Luka Lama
Skuat Timnas Argentina sedang berlatih. (Foto: AFP/Pedro Ugarte)
 
Selain Aguero, ada nama Lautaro Martinez. Penyerang muda Inter Milan itu bisa menjadi opsi jika Aguero atau Messi kesulitan mencetak gol.
 
Di lini tengah ada Leandro Paredes, Marcos Acuna, dan Rodrigo de Paul. Di lini belakang ada nama Nicolas Otamendi dan German Pezzella yang menjadi tembok pertahanan Argentina.
 
Apakah Argentina akan mengobati luka lama? atau mereka kembali dilukai Brasil? kita tunggu saja.
 
Prakiraan susunan pemain:
Brasil: Alisson, Luis, Silva, Marquinhos, Alves, Casemiro, Arthur, Everton, Coutinho, Jesus, Firmino
 
Argentina: Armani, Foyth, Pezzella, Otamendi, Tagliafico, Paul, Paredes, Acuna, Messi, Martinez, Aguero
 
Head to Head:
17/10/2018: Argentina 0 - 1 Brasil
9/6/2017: Brasil 0 - 1 Argentina
11/11/2016: Brasil 3 - 0 Argentina
14/11/2015: Argentina 1 - 1 Brasil
11/10/2014: Brasil 2 - 0 Argentina
 
Prediksi medcom.id: 50-50
 
Video: Vidal: Cile Ingin Cetak Sejarah
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif