Selebrasi penyerang timnas Belanda Quincy Promes usai membobol gawang timnas Inggris di babak semifinal UEFA Nations League (Foto: AFP/Miguel Riopa)
Selebrasi penyerang timnas Belanda Quincy Promes usai membobol gawang timnas Inggris di babak semifinal UEFA Nations League (Foto: AFP/Miguel Riopa)

Hantam Inggris, Belanda Tantang Portugal di Final

Bola liga dunia timnas inggris
Patrick Pinaria • 07 Juni 2019 06:38
Timnas Belanda melaju ke final UEFA Nations League 2018--2019 usai mengalahkan timnas Inggris. Di babak final, De Oranje akan menantang Portugal.
 
Guimaraes
: Tim nasional (timnas) Belanda sukses menaklukkan timnas Inggris dengan skor 3-1 di babak semifinal UEFA Nations League 2018--2019, Jumat 7 Juni dini hari WIB. Hasil tersebut sekaligus memastikan De Oranje lolos ke final.
 
Belanda tampil dominan pada laga yang digelar di Stadion Dom Afonso Henriques tersebut. Sepanjang pertandingan, mereka melepaskan 14 tembakan mengarah ke gawang dari 29 peluang tercipta.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Sebaliknya, Inggris justru tampil melempem. Mereka hanya mampu menghasilkan tiga tembakan mengarah ke gawang dari 13 peluang.
 
Meski mendominasi permainan, Belanda cukup kerepotan meladeni permainan Inggris. Bahkan, mereka harus kebobolan terlebih dulu pada menit ke-32. Saat itu, gawang kiper Belanda Jasper Cillessen ditaklukkan Marcus Rashford lewat eksekusi penalti.
 
Kesempatan penalti didapat Inggris setelah Rashford diterjang bek Belanda Matthijs de Ligt di dalam kotak penalti. Bek Ajax Amsterdam itu juga harus mendapat kartu kuning dari wasit gara-gara pelanggaran tersebut.

Baca: Cedera dan Kehilangan Kepercayaan Diri Buat Morata Merana di Chelsea


Hingga turun minum, tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Inggris bertahan.
 
Memasuki babak kedua, pelatih Inggris Gareth Southgate tampaknya ingin menambah daya gedor timnya. Ia menurunkan Harry Kane dan menarik Marcus Rashford pada awal interval kedua.
 
Inggris pun langung tancap gas. Tercatat, dua peluang diciptakan mereka. Kedua peluang itu diciptakan oleh Raheem Sterling dan Jadon Sancho. Akan tetapi, upaya mereka gagal berbuah maksimal.
 
Belanda mulai menguasai permainan ketika laga memasuki menit ke-55. Sejak itu, mereka lebih sering melakukan tekanan ke gawang Inggris.
 
Hingga akhirnya, Belanda sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-73. Gol diciptakan oleh De Ligt yang melepaskan sundulan usai menerima umpan dari Memphis Depay.
 
Selang sepuluh menit, Inggris sukses membobol gawang Belanda melalui upaya Jesse Lingard. Akan tetapi, gol tersebut dianulir karena Lingard kedapatan offside setelah ditinjau lewat VAR.
 
Pada menit ke-87, Belanda nyaris mendapat kesempatan penalti karena bek Inggris Benjamin Chilwell terlihat handball di dalam kotak terlarang. Namun, setelah ditinjau melalui VAR, wasit menganggap Chilwell tidak melakukan pelanggaran tersebut.

Baca: Morata Berharap Dipermanenkan Atletico Madrid


Hingga babak kedua usai, kedua tim tidak lagi mencetak gol. Skor 1-1 memaksa mereka melanjutkan laga ke babak tambahan waktu.
 
Pada momen ini, Belanda tampak lebih agresif. Alhasil, mereka sukses mencetak gol pada menit ke-97. Gol tersebut lahir dari hasil kesalahan antisipasi Kyle Walker.
 
Belanda semakin tidak terbendung. Mereka mampu membobol kembali gawang Inggris pada menit ke-114 lewat gol Quincy Promes usai mendapat umpan Depay.
 
Hingga laga usai, tidak ada gol tambahan tercipta. Belanda memastikan kemenangan dengan skor 3-1 dan lolos ke babak final.
 
Pada babak final, Belanda akan menantang Portugal yang sudah memastikan lolos terlebih dulu usai menaklukkan Swiss pada Kamis 6 Juni. Kedua tim nantinya akan bertarung pada Senin 10 Juni dini hari WIB.
 

Susunan pemain:
 
Belanda: Cillessen, Dumfries, De Ligt, Van Dijk, Blind, De Roon/De Beek (68'), Wijnaldum, De Jong/Strootman (114'), Bergwijn/Propper (90'), Depay, Babel/Promes (68').
 
Inggris: Pickford, Walker, Maguire, Stones, Chilwell, Delph/Henderson (77'), Rice/Alli (105'), Barkley, Sterling, Sancho/Lingard (61'), Rashford/Kane (46').
 

Video: Libur Lebaran, Marko Simic Ikutan Mudik
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif