2006: <i>Good Bye</i>, Highbury!
Suasana perpisahan di Stadion Highbury. (Foto: Ist)
STADION Highbury menjadi "tempat sakral" bagi Arsenal selama 93 tahun. Highbury juga menjadi saksi lahirnya nama-nama besar yang melesat bersama The Gunners.

Tepat pada hari ini, 7 Mei 2006, Highbury menggelar laga terakhir Arsenal di Liga Primer Inggris. Sebanyak 38.359 penonton turut hadir untuk menjadi saksi hidup dari hari bersejarah Arsenal.

Wigan Athletic menjadi lawan terakhir Arsenal di Highbury. Tim tamu tampil cemerlang kala itu. Setidaknya, mereka sempat puluhan ribu Gooner berdebar. Sebab, Wigan mengungguli Arsenal 2-1 pada menit 34.


Akan tetapi, striker Thierry Henry mampu membalikkan keadaan setelah mencetak hattrick. Arsenal berbalik memimpin dan mengakhiri pertandingan dengan skor 4-2.

Ada selebrasi tak biasa yang dilakukan Henry saat mencetak gol. Dia mencium tanah Highbury setelah menciptakan gol. Henry terlihat tak kuasa menahan air matanya karena ini adalah laga terakhir di Highbury, tempat namanya dibesarkan.

Baca: Hasil Lengkap Liga Top Eropa Tadi Malam 


Seusai pertandingan, pesta perpisahan pun dimulai. Deretan legenda Arsenal seperti Ian Wright, Tony Adams, Martin Keown, David Seaman, dan Marc Overmars turut menghadiri pesta perpisahan tersebut.

Rasa sedih dan bahagia tercampur menjadi satu diiringi dengan chant para dan Arsenal. Sang manajer Arsene Wenger sempat melakukan pidato singkat.

Highbury resmi ditutup setelah berdiri sejak 1913. Arsenal akan menempati stadion baru yang kini dikenal sebagai Emirates Stadium. Kondisi di kawasan Highbury beralih menjadi kompleks properti. Tempat yang dulunya lapanagan telah berubah menjadi taman dan dikelilingi oleh apartemen.

Kendati sudah dirombak, Highbury selalu menyimpan sejuta memori bagi fan Arsenal. Berdasarkan statistik yang ada, Arsenal sudah memainkan 2010 pertandingan di Highbury. Rinciannya Arsenal menang 1196 kali, imbang 475 kali, dan kalah 339 kali. Lalu, Tim Meriam London mampu menciptakan 4038 gol dan kemasukan 1955 gol.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: PSSI Segera Evaluasi Timnas U-23



(ASM)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id