Penyisihan Grup B Piala AFF 2018

Imbangi Indonesia, Filipina Raih Tiket ke Semifinal

Patrick Pinaria 25 November 2018 21:21 WIB
timnas indonesiapiala aff
Imbangi Indonesia, Filipina Raih Tiket ke Semifinal
Ekspresi kekecewaan striker Indonesia Beto gagal mencetak gol ke gawang Filipina (Foto: Medcom.id/Kautsar Halim)
Jakarta: Indonesia gagal mengakhiri perjalanan di penyisihan Grup B Piala AFF 2018 dengan kemenangan. Tim berjuluk Garuda itu harus puas ditahan imbang Filipina tanpa gol pada laga terakhir, Minggu 25 November.

Kedua tim sama-sama menunjukkan permainan terbuka. Penguasaan bola kedua tim, yakni 52,8 persen (Indonesia) berbanding 47,2 persen (Filipina).

Meski tampil menyerang, Indonesia dan Filipina kesulitan menciptakan ancaman-ancaman berarti. Sepanjang babak pertama kedua tim tidak mampu melepaskan tembakan mengarah ke gawang.


Indonesia mencoba untuk tampil agresif pada awal babak pertama. Peluang diciptakan mereka melalui kerja sama Alberto Goncalves dan Stefano Lilipaly. Namun, tidak ada yang berbuah maksimal.

Giliran Filipina menekan Indonesia. Pada menit keempat, mereka mendapat peluang dari Stephan Schrock. Namun, tembakan naturalisasi Jerman tersebut melebar dari gawang Indonesia.

Bek Indonesia Hansamu Yama mengancam gawang Filipina. Ia melepaskan sundulan usai memanfaatkan umpan dari Evan Dimas. Akan tetapi, bola masih menyamping dari gawang Filipina.

Baca: Cetak Gol Lagi, Cristiano Ronaldo Catatkan Rekor Baru

Peluang kembali diciptakan Indonesia lewat Lilipaly. Mendapat umpan dari Putu Gede, Lilipaly menghantam bola yang masih melambung jauh dari gawang Filipina.

Baca: Timnas Indonesia Gagal, Dukungan Suporter Pantang Surut

Apes bagi Filipina. Mereka harus kehilangan Philip Younghusband pada menit ke-26. Ia tidak bisa melanjutkan pertandingan usai berduel dengan Fachruddin Ariyanto. 

Kehilangan Younghusband tidak membuat semangat para pemain Filipina mengendur. Mereka tetap menunjukkan permainan terbaik. Namun, tidak ada serangan-serangan mereka yang membuahkan hasil. Pun begitu Indonesia.

Hingga turun minum, tidak ada gol tercipta. Skor 0-0 bertahan.

Memasuki babak kedua, tempo permainan tidak berubah. Kedua tim masih menampilkan permainan terbuka.

Namun, Filipina mencoba untuk menunjukkan permainan agresif pada awal babak kedua. Sejumlah peluang diciptakan mereka melalui Shcrock dan Daisuke Sato. Namun, upaya mereka tidak ada yang membuahkan hasil.

Giliran Indonesia menekan melalui pergerakan Andik Vermansyagh dan Riko Simanjuntak. Namun, upaya mereka pun gagal memberikan gol untuk Indonesia.

Baca: Lawan Persebaya, Tiga Pemain Andalan Bhayangkara Absen

Pelatih Indonesia Bima Sakti tampak tidak puas melihat permainan Indonesia. Terutama di lini depan. Ia pun mencoba untuk melakukan pergantian dengan menarik Andik dan menggantikan Irfan Jaya.

Pada menit ke-74, Indonesia mendapat peluang dari Zulfiandi. Ia melepaskan tembakan jarak jauh, namun masih bisa diadang pemain Filipina. 

Filipina mencoba untuk meningkatkan tempo permainan jelang laga terakhir. Mereka terus menekan Indonesia. Salah satu peluang diciptakan mereka melalui Mike Ott. Akan tetapi, tembakan bebasnya masih bisa diamankan Andritany.

Hingga laga usai, kedua tim tidak mampu mencetak gol. Skor 0-0 bertahan.

Hasil ini membuat Indonesia gagal mewujudkan ambisi untuk menuai kemenangan di laga terakhir. Mereka pun harus puas finis di peringkat keempat klasemen sementara dengan mengoleksi empat poin. 

Sementara itu, hasil imbang memberikan pengaruh positif untuk Filipina. Sebab, dengan tambahan satu poin tersebut, Filipina lolos ke babak semifinal. Mereka finis di posisi runner-up dengan mengoleksi delapan poin, menemani Thailand yang lolos menjadi juara grup.


Susunan pemain kedua tim:

Indonesia: Andritany Ardhiyasa, Hansamu Yama Pranata/Ricky Fajrin (90'), Fachruddin Ariyanto, Putu Gede, Rizki Pora, Zulfiandi, Evan Dimas, Stefano Lilipaly, Andik Vermansyah/Irfan Jaya (71'), Riko Simanjuntak, Alberto Goncalves/Dedik Setiawan (82').

Filipina: Michael Falkesgaard, Carlos Alberto Martinez de Murga, Daisuke Sato, Martin Steuble, Alvaro Linares, Manuel Ott, Stephan Schrock/James Younghusband (81'), John Strauss, Philip Younghusband/Curt Jordan Dizon (26'), Jovin Bedic/Kevin Ingreso (76'), Patrick Reichelt.


Video: Ketum PSSI Kaitkan Kegagalan Timnas dengan Wartawan

 



(PAT)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id