Para pemain timnas putri Belanda berselebrasi usai membobol gawang Jepang di Piala Dunia Wanita 2019 (Foto: AFP/Loic Venance)
Para pemain timnas putri Belanda berselebrasi usai membobol gawang Jepang di Piala Dunia Wanita 2019 (Foto: AFP/Loic Venance)

Italia Singkirkan Tiongkok, Belanda Menang Dramatis

Bola liga dunia timnas italia piala dunia wanita
Patrick Pinaria • 26 Juni 2019 06:26
Timnas putri Italia dan Belanda sukses lolos ke babak perempat final Piala Dunia Wanita 2019. Namun, keduanya harus bersusah payah menyingkirkan lawannya di babak 16-besar.
 
Jakarta
: Kuota babak perempat final Piala Dunia Wanita 2019 akhirnya sudah lengkap. Tim nasional putri Italia dan Belanda menjadi dua tim terakhir yang melengkapi kuota delapan peserta pada babak tersebut.
 
Bertanding pada babak 16-besar, di Stadion de la Mosson, Selasa 25 Juni malam hari WIB, Italia sukses meraih kemenangan atas Tiongkok dengan skor 2-0. Valentina Giacinti dan Aurora Galli menjadi penyumbang gol untuk Le Azzurre.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Italia tidak mudah meraih kemenangan tersebut. Mereka cukup kerepotan meladeni permainan agresif Tiongkok sepanjang pertandingan.
 
Statistik mencatat Tiongkok bermain dengan penguasaan bola sebanyak 63 persen. Mereka juga menciptakan enam tembakan mengarah ke gawang. Sedangkan Italia menghasilkan lima tembakan mengarah ke gawang.

Baca: Gede Sukadana Tetap Selebrasi Andai Cetak Gol ke Gawang Bali United


Hanya saja, Italia mampu melakukan penyelesaian akhir dengan baik. Buktinya, dua gol berhasil diciptakan tim besutan Milena Bertolini tersebut.
 
Gol pembuka Italia diciptakan oleh Giacintini pada menit ke-15. Ia sukses memanfaatkan bola liar hasil dari tendangan Elisa Bartoli di dalam kotak penalti.
 
Italia sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-49. Kali ini, gol diciptakan oleh Galli yang memaksimalkan umpan Alia Guagni.
 
Hingga laga usai, tidak ada gol tercipta. Skor 2-0 tidak berubah dan memastikan kemenangan untuk Italia. Hasil ini juga mengantarkan Italia ke babak perempat final.
 
Langkah Italia ke perempat final disusul oleh Belanda. Mereka memastikan diri lolos setelah menundukkan Jepang dengan skor 2-1 pada babak 16-besar, Rabu 26 Juni dini hari WIB.

Baca: Target Timnas Pelajar U-15 Ikuti Turnamen di Portugal


Belanda mampu membuka keunggulan terlebih dulu melalui gol Lieke Martens pada menit ke-17. Berawal dari pergerakan Sherida Spitse yang kemudian mengirimkan umpan kepada Martens. Tanpa ragu, Martens menyelesaikan umpan tersebut dengan baik.
 
Jepang berupaya bangkit. Hingga akhirnya, mereka sukses menyamakan kedudukan jelang turun minum. Tepatnya pada menit ke-43, mereka sukses membobol gawang Belanda melalui upaya Yui Hasegawa.
 
Namun, Belanda mampu berbalik unggul secara dramatis. Mereka sukses mencetak gol pada menit ke-90 lewat eksekusi penalti Martens. Kesempatan penalti didapat Belanda setelah bek Jepang Saki Kumagai melakukan handball di dalam kotak terlarang.
 
Gol Martens pun menjadi gol terakhir pada laga tersebut, sekaligus mengantarkan Belanda meraih kemenangan dengan skor 2-1 dan lolos ke babak perempat final. Di babak itu, Belanda akan menghadapi Italia pada Sabtu 29 Juni malam hari WIB.
 

Video: Ucapan Selamat Ulang Tahun Neymar untuk Messi
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif