Para pemain Tunisia merayakan keberhasilan lolos ke babak perempat final Piala Afrika 2019 (Foto: AFP/Giuseppe Cacace)
Para pemain Tunisia merayakan keberhasilan lolos ke babak perempat final Piala Afrika 2019 (Foto: AFP/Giuseppe Cacace)

Babak 16-Besar Piala Afrika 2019

Pantai Gading Singkirkan Mali, Tunisia Lolos ke Perempat Final Lewat Adu Penalti

Bola liga dunia piala afrika 2019 Timnas Tunisia
Patrick Pinaria • 09 Juli 2019 06:39
Lengkap sudah peserta babak perempat final Piala Afrika 2019. Pantai Gading dan Tunisia menjadi dua tim terakhir yang berhasil mengisi kuota peserta perempat final di turnamen tersebut.
 
Jakarta
: Pantai Gading dan Tunisia menjadi dua tim terakhir melengkapi kuota perempat final Piala Afrika 2019. Kedua tim tersebut harus bersusah payah untuk lolos ke babak tersebut.
 
Kepastian lolos ke perempat final didapat Pantai Gading terlebih dulu usai berduel dengan Mali di Stadion New Suez, pada babak 16-besar, Senin 8 Juli malam hari WIB. Pada laga tersebut, tim yang berjuluk Les Elephants itu mampu meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Pantai Gading butuh berjuang ekstra keras meraih kemenangan tersebut. Sebab, Mali sejatinya mampu mendominasi permainan. Statistik mencatat Mali bermain dengan penguasaan bola sebanyak 60 persen berbanding 40 persen dari Pantai Gading.
 
Bahkan, dalam jumlah peluang, Mali unggul jauh dari Pantai Gading. Tercatat, mereka melepaskan 18 peluang sepanjang pertandingan. Sedangkan Pantai Gading hanya menghasilkan tujuh peluang.
 
Pantai Gading tentu harus berterima kasih kepada penyerangnya, yakni Wilfried Zaha. Bukan apa-apa. Satu-satunya gol mereka itu diciptakan oleh Zaha.

Baca: Resmi Dijual, Ini Harga Tiket Persija vs Persib


Gol tersebut diciptakan Zaha pada menit ke-76. Mendapat umpan sundulan dari Jonathan Kodjia, Zaha melepaskan tendangan yang melewati kiper Mali Djigui Diarra.
 
Hingga laga usai, Mali tidak mampu menciptakan gol balasan. Skor 1-0 tidak berubah dan memberikan kemenangan untuk Pantai Gading. Hasil ini pun mengantarkan Pantai Gading lolos ke babak perempat final. Di babak itu, mereka akan menghadapi Aljazair pada Kamis 11 Juli malam hari WIB.
 
Tiket perempat final juga berhasil didapat Tunisia usai menyingkirkan Ghana di Stadion Ismailia pada babak 16-besar, Selasa 9 Juli dini hari WIB. Saat itu, Tunisia harus meraih kemenangan lewat adu penalti dengan skor 5-4.
 
Kedua tim memang menunjukkan permainan yang alot sepanjang pertandingan. Mereka tampak kesulitan mencetak gol pada laga tersebut.
 
Kebuntuan akhirnya baru bisa dipecahkan Tunisia pada menit ke-73. Saat itu, striker Tunisia Yassine Khenissi sukses membobol gawang kiper Richard Ofori usai memanfaatkan umpan Wajdi Kechrida.

Baca: PSS Beri Kesempatan Batata Tunjukkan Performa Pascacedera


Namun, Ghana mampu menciptakan gol balasan pada masa injury time. Gol itu tercipta karena gol bunuh diri Rami Bedoui.
 
Laga pun berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Namun, kedua tim gagal mencetak gol pada babak itu sehingga kemenangan ditentukan melalui adu penalti.
 
Pada momen itu, Tunisia berhasil meraih kemenangan dengan skor 5-4. Kelima penendang mereka mampu menuntaskan tugasnya dengan baik. Di antaranya adalah Naim Sliti, Wahbi Khazri, Dylan Bronn, Yassine Meriah, dan Ferjani Sassi.
 
Sedangkan di kubu Ghana, hanya empat dari lima penendang yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik. Satu-satunya pemain yang gagal mengeksekusi penalti itu adalah Caleb Ekuban.
 
Dengan hasil ini, Tunisia berhak melaju ke babak perempat final. Di babak itu, mereka akan berduel dengan Madagascar pada Jumat 12 Juli dini hari WIB.
 

Video: Roma Lepas El Shaarawy ke Klub Tiongkok Shanghai Shenhua
 

 

(PAT)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif