Penyisihan Grup B Piala AFF 2018

Digebuk Thailand, Timnas Indonesia di Ujung Tanduk

Patrick Pinaria 17 November 2018 20:39 WIB
timnas indonesiapiala aff
Digebuk Thailand, Timnas Indonesia di Ujung Tanduk
Para pemain Thailand merayakan gol Korrakot Wiriyaudomsiri (kiri) saat menghadapi Indonesia (Foto: AFP/Chalinee Thirasupa)
Bangkok: Indonesia tidak mampu berbuat banyak saat menghadapi Thailand pada laga ketiga penyisihan Grup B Piala AFF 2018, Sabtu 17 November. Tim Garuda menelan kekalahan dengan skor 2-4 pada laga yang digelar di Stadion Rajamangala itu.

Indonesia sebetulnya tampil cukup percaya diri. Bahkan, Indonesia nyaris mengimbangi penguasaan bola Thailand, di mana mereka mampu bermain dengan penguasaan bola sebanyak 49 persen.

Dalam jumlah peluang, kedua tim juga berimbang. Mereka sama-sama melepaskan delapan tembakan mengarah ke gawang.


Indonesia tampil baik pada awal babak pertama. Pada menit ke-15, tim besutan Bima Sakti itu mendapat peluang bagus lewat upaya Riko Simanjuntak. Gelandang Persija Jakarta itu melepaskan tembakan keras dari luar kotak. Namun, bola masih bisa ditangkap kiper Thailand Sivaruck Tedsungnoen.

Giliran Stefano Lilipaly mengancam gawang Thailand pada menit ke-26. Gelandang Bali United tersebut berhasil menembus kotak penalti Thailand, kemudian melepaskan tembakan yang masih mengenai kaki kiper Tedsungnoen.

Indonesia akhirnya sukses memecah kebuntuan. Tepat pada menit ke-29. Gelandang Indonesia Evan Dimas melepaskan operan mendatar dari tendangan sudut. Kemudian, Zulfiandi mengontrol bola dengan baik dan melepaskan tembakan keras yang sulit dijangkau Tedsungnoen.

Ketinggalan tidak membuat mental para pemain Thailand mengendur. Mereka langsung melancarkan serangan-serangan berbahaya ke pertahanan Indonesia.

Baca: Memburuk, Jerman Terdegradasi dari Kasta Tertinggi
 
Salah satunya adalah dengan upaya Tanaboon Kesarat pada menit ke-37. Ia melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, bola masih bisa ditepis kiper Indonesia Awan Setho Raharjo.

Sayangnya setelah melakukan penyelamatan tersebut, gawang Awan Seto justru harus kebobolan selang semenit. Ia gagal mengantisipasi tendangan sudut Korakod Wiriyaudsiri.

Nasib apes dialami Indonesia jelang turun minum. Tepatnya pada menit ke-42, pemain andalan mereka Andik Vermansyah harus diganti oleh Febri Hariyadi. Ia ditarik karena mengalami cedera usai ditekel keras salah satu pemain Thailand.

Sementara itu, Thailand tampak makin percaya diri. Mereka terus menekan Indonesia. Alhasil, mereka sukses membalikkan keadaan pada masa injury time. Kali ini, gol diciptakan oleh Pansa Hemviboon yang sukses memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti Indonesia.

Hingga turun minum, tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 2-1 bertahan untuk keunggulan Thailand.

Memasuki babak kedua, situasi pertandingan tidak terlalu jauh berbeda. Kedua tim masih sama-sama menunjukkan permainan terbuka. 

Namun, Thailand mampu lebih efektif dan tenang saat melakukan penyelesaian akhir. Salah satu buktinya adalah mereka mampu mencetak gol pada menit ke-65 lewat gol Adisak Kraisorn yang sukses memanfaatkan operan dari Thitipan Puanchan ke dalam kotak penalti.

Baca: Tanpa Messi, Argentina Hajar Meksiko Dua Gol

Thailand makin tidak terbendung. Pada menit ke-74, mereka kembali mengoyak gawang Indonesia berkat gol Pokklaw Anan.

A-nan berhasil lepaa dari jebakan offside Indonesia saat menerima umpan terobosan dari Sanrawat Dechmitr. Dengan sebuah tendangan terukur, ia sukses mengelabui Awan Seto yang sudah jauh meninggalkan gawangnya.

Meski kebobolan empat gol, Indonesia tidak patah semangat. Mereka tetap menunjukkan permainan agresif. Alhasil, mereka sukses memperkecil ketinggalan lewat gol Fachruddin Aryanto pada menit ke-89.

Berawal dari serangan yang dibangun Riko Simanjuntak di luar kotak. Kemudian, ia melepaskan umpan yang diteruskan oleh Fachruddin dengan sundulan.

Hanya saja gol tersebut tidak cukup menyelamatkan nasib Indonesia. Sebab, Indonesia tidak lagi mampu menambah gol di sisa akhir pertandingan. Skor 2-4 tidak berubah dan membuahkan kemenangan untuk Thailand.

Dengan kemenangan ini, Thailand sukses mempertahankan posisi mereka di puncak klasemen dengan mengoleksi enam poin. Sedangkan Indonesia harus turun ke posisi keempat klasemen sementara. Posisi yang membuat mereka lolos semakin berat.

Kini, Indonesia harus meraih kemenangan saat menghadapi Filipina pada laga terakhir. Namun, dengan catatan Filipina kalah dari Thailand.

Susunan pemain:

Thailand: Sivaruck Tedsungnoen, Korakod Wiriyaudomsiri, Chalermpong Kerdkaew, Pansa Hemviboon, Philip Roller, Tanaboon Kesarat/Sumanya Purisai (85'), Thitipan Puangchan, Nurul Sriyamgem/Supachai Jaided (68'), Sanrawat Dechmitr, Mongkol Tossakai/Pokklaw A-Nan (46'), Adisak Kraisorn.

Indonesia: Awan Setho Raharjo, Putu Gede, Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama Pranata, Alfath Fathier, Evan Dimas Darmono, Zulfiandi/Bayu Pradana (75'), Andik Vermansyah/Febri Hariyadi (42'), Stefano Lilipaly, Riko Simanjuntak, Alberto Goncalves Da Costa/Dedik Setiawan (86').


Video: APPI Gelar Laga Amal untuk Palu

 



(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id