Ezra Walian. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)
Ezra Walian. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Timnas U-23

Anti Naturalisasi, Ini Jawaban Indra Sjafri Soal Ezra Walian

Bola timnas u-23 kualifikasi piala asia u-23 Indra Sjafri Ezra Walian
Alfa Mandalika • 13 Maret 2019 18:26

Indra Sjafri punya pandangan tersendiri mengenai naturalisasi pemain. Dia tak sepakat dengan cara-cara instan seperti itu.

Jakarta: Striker naturalisasi Ezra Walian sampai hari ini belum bergabung dengan skuat Indra Sjafri. Kabarnya, Ezra baru tiba di Indonesia pagi tadi.
 
Indra sempat memberikan pernyataan bahwa Ezra harus bersaing dengan barisan striker yang ada di skuat Timnas U-23. Bukan apa-apa. Indra mengaku tidak mengetahui gaya bermain Ezra. Lain soal dengan Saddil Ramdani dan Egy Maulana Vikri yang gaya bermainnya sudah diketahui oleh Indra.
 
Indra juga menjelaskan terkait pernyataannya yang tidak ingin merekrut pemain naturalisasi. Dia bilang, pada saat dia melatih, dia tidak ingin ada pemain naturalisasi. Terkait hal ini, Indra punya alibi tersendiri mengapa ia memberikan kesempatan kepada Ezra untuk bergabung dalam skuatnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Saya membuat pernyataan, saya tidak akan menaturalisasi pemain kalau saya butuh striker. Tapi, beda dengan kasus Ezra, saya datang ke timnas U-22, status dia adalah WNI, untuk tim nasional, setiap warga negara Indonesia wajib dan punya hak membela timnas," ujar Indra dalam program Newsmaker medcom.id, Rabu 13 Maret 2019.

Baca: Indra Sjafri Kesulitan Pantau Kualitas Ezra Walian di Youtube

"Barusan dia (Ezra) sudah tiba, tapi belum ketemu saya. Tapi ingat, yang menentukan terpilih atau tidak tetap kualitas. Saya tidak mau tahu apakah dia dari klub lokal, apakah dia klub luar, tapi yang diperlukan adalah kebutuhan tim kita," tegas Indra.
 
Pelatih berdarah Minang itu menambahkan, bangsa seperti Indonesia, seharusnya tidak perlu melakukan naturalisasi. Sebab, banyak potensi pemain hebat yang ada di Indonesia.
 
"Mungkin bukan saya saja yang tidak setuju dengan naturalisasi, mungkin ada beberapa masyarakat yang lain juga. Naturaliasasi memang lazim dilakukan di Filipina, Singapura, Timor Leste. Tetapi untuk Indonesia yang bangsa sebesar ini, potensi sebesar ini, saya pikir sayang jika kita melakukan kebijakan seperti itu. Kenapa? Karena bisa melemahkan semangat anak bangsa sendiri, karena kesempatan pasti berkurang dan karena kita ingin mencari jalan pintas. Percayalah, tidak akan ada prestasi tanpa proses, tidak akan bisa dengan cara seperti itu. Ayo pelatih di Indonesia, jangan cuma mengeluh, siapkan para pemain yang ada, agar naturalisasi tidak ada," tegas Indra.
 
Saat ini, anak asuh Indra Sjafri terus mempersiapkan diri jelang Kualifikasi Piala AFC U-23 pada 22 Maret mendatang di Vietnam.
 
Sesuai jadwal yang dirilis, Indonesia memulai perjuangan di Kualifikasi Piala AFC U-23 melawan Thailand pada 22 Maret. Lalu, menghadapi Vietnam pada 24 Maret dan terakhir berjumpa Brunei Darussalam pada 26 Maret.
 
Saksikan wawancara selengkapnya Pelatih Timnas U-23 Indra Sjafri di Program Newsmaker Medcom.id pada Kamis 14 Maret pukul 17.00 WIB di Youtube channel, Facebook Medcom ID dan video.medcom.id/newsmaker.
 
Video: Jokowi Jajal Motor Balap
 

(ASM)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif