Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Presiden Harap Kemenangan Timnas U-22 Jadi Awal Kebangkitan

Bola jokowi piala aff Timnas U-22
Dheri Agriesta • 27 Februari 2019 10:42

Prestasi Timnas Indonesia U-22 mendapatkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo. Dia berharap gelar juara ini menjadi awal kebangkitan sepak bola Indonesia.

Jakarta: Presiden Joko Widodo gembira atas prestasi Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF 2019. Jokowi berharap prestasi ini jadi pijakan buat tim nasional pada masa depan.
 
"Saya berharap kemenangan ini menjadi awal bagi kebangkitan dan kemajuan sepak bola Indonesia. Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat kepada Timnas U-22 Indonesia," kata Jokowi melalui akun Instagram, Selasa, 26 Februari 2019.
 
Timnas Indonesia U-22 berhasil menjadi juara setelah menumbangkan Thailand dengan skor 2-1 pada partai puncak. Jokowi menilai ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari perjuangan skuat Garuda Muda.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satunya kerja sama tim yang begitu solid. Meski berasal dari berbagai latar belakang dan suku, skuat Garuda Muda tampil apik dan solid.

Baca: 6 Fakta Menarik Usai Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-22

Perbedaan itu justru menjadi kekuatan besar yang dimiliki anak asuhan pelatih Indra Sjafri. Kepala Negara menegaskan Garuda Muda menunjukkan semangat nyata Bhineka Tunggal Ika.
 
"Para pemain Timnas U-22 Indonesia berasal dari berbagai daerah, suku, dan agama. Di lapangan, perbedaan itu menjelma menjadi harmoni dan kekuatan yang menghasilkan gelar juara," kata Jokowi.
 
Indonesia sukses menjadi juara dalam debut mereka mengikuti Piala AFF U-22. Garuda Muda berhasil menang dari tim Gajah Putih setelah bertarung selama dua kali 45 menit.
 
Garuda Muda sempat tertinggal satu gol dari Thailand pada babak kedua. Namun, dalam hitungan menit Sani Rizky berhasil menyamakan kedudukan. Tusukan dari sisi kiri pertahanan Thailand diakhiri tendangan keras ke arah gawang. Bola yang mengenai salah satu pemain bertahan Thailand pun berbelok mengecoh penjaga gawang.
 
Stadion pun bergemuruh saat Osvaldo Haay mencetak gol kedua. Osvaldo berhasil menyundul umpan Luthi Kamal.
 
Persepakbolaan Indonesia sedang diterpa isu tak sedap. Kasus pengaturan skor mencuat dalam beberapa bulan terakhir. Sejumlah petinggi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia pun ditetapkan sebagai tersangka. Selain itu, prestasi timnas U-22 menjadi oase di tengah minimnya prestasi tim nasional.
 
Video: PPATK Telusuri Aliran Dana Joko Driyono
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif