Para pemain timnas Indonesia U-22 merayakan keberhasilan menjadi juara Piala AFF U-22 (Foto: Antara/Nyoman Budhiana)
Para pemain timnas Indonesia U-22 merayakan keberhasilan menjadi juara Piala AFF U-22 (Foto: Antara/Nyoman Budhiana)

6 Fakta Menarik Usai Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-22

Bola timnas indonesia piala aff Timnas U-22
Patrick Pinaria • 26 Februari 2019 22:14
Keberhasilan Indonesia U-22 meraih gelar Piala AFF U-22 melahirkan sejumlah fakta menarik. Salah satunya adalah keberhasilan mereka juara dalam penampilan debutnya di turnamen tersebut.
 
Jakarta
: Tim nasional (timnas) Indonesia U-22 sukses memastikan diri sebagai juara Piala AFF U-22. Kepastian itu didapat setelah Garuda Muda mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 pada babak final, Selasa 26 Februari.
 
Indonesia sejatinya tertinggal terlebih dahulu. Tepat pada menit ke-58. Saat itu, gawang kiper Indonesia Awan Setho dibobol oleh Saringkan Promsupa.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Ketinggalan tidak membuat semangat para pemain Indonesia mengendur. Mereka mampu bangkit dan membalikkan keadaan melalui gol bunuh diri Ballini dan gol dari M. Luthfi Kamal.

Baca: Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-22


Keberhasilan menjuarai Piala AFF U-22 menjadi prestasi istimewa bagi Indonesia. Sebab, ini merupakan gelar perdana mereka di sepanjang sejarah AFF U-22.
 
Semakin terasa istimewa karena ini merupakan debut Indonesia U-22 di Piala AFF. Sebelumnya, mereka absen dalam dua edisi pada 2005 dan 2011 (Dibatalkan).
 
Selain catatan di atas, masih ada fakta menarik lain usai Indonesia U-22 menjuarai Piala AFF U-22. Berikut 6 fakta yang berhasil dihimpun medcom.id:
 
1. Indonesia U-22 berhasil meraih juara dalam penampilan debutnya di Piala AFF U-22. Sebelumnya, pada edisi 2005, Indonesia tidak mengirimkan tim.
 
2. Gelar Piala AFF U-22 juga terasa istimewa bagi pelatih Indonesia U-22 Indra Sjafri. Ini merupakan gelar keduanya di ajang AFF kelompok usia. Sebelumnya, ia sukses membawa Indonesia U-19 meraih gelar Piala AFF 2013.
 
3. Marinus Wanewar menjadi top skorer Piala AFF U-22 setelah berhasil mengoleksi tiga gol. Meski memiliki koleksi gol dengan Saringkan Promsupa dan Tran Danh Trung, status raja gol tetap menjadi milik Marinus karena berhasil membawa Indonesia juara AFF U-22.
 
4. Indonesia memiliki enam pencetak gol berbeda sejak fase grup hingga final. Di antaranya adalah Rachmat Irianto (1 gol), Marinus Wanewar (3 gol), Witan Sulaeman (1 gol), Luthfi Kamal (1 gol), Sani Rizki Fauzi (1 gol), dan Osvaldo Ardiles Haay (1 gol).
 
5. Indonesia berhasil menyapu bersih kompetisi tanpa terkalahkan. Dari lima pertandingan yang dijalani, pasukan Garuda Muda mencatatkan rekor tiga kali menang dan dua kali imbang.
 
6. Indonesia berhasil memecahkan rekor tidak kebobolan Thailand di Piala AFF U-22 2019. Sebelumnya, mereka belum pernah kebobolan dalam melakoni empat pertandingan di Piala AFF U-22 2019.
 

Video: Legenda Liverpool Bicara Nostalgia Istanbul
 

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif