Suasana laga timnas Filipina kontra Malaysia. (VATSYAYANA / AFP)
Suasana laga timnas Filipina kontra Malaysia. (VATSYAYANA / AFP)

Timnas Vietnam Terlalu Tangguh bagi Malaysia

Bola piala aff
Kautsar Halim • 16 November 2018 21:05
Hanoi:Vietnam berhasil menaklukkan Malaysia pada laga lanjutan fase grup Piala AFF 2018, Jumat 16 November. Mereka keluar sebagai pemenang dengan skor, 2-0.
 
Jalannya pertandingan berlangsung sengit di My Dinh National Stadium yang merupakan markas Vietnam. Tuan rumah tampil sangat beringas ketika didukung bawah puluhan ribu suporternya.
 
Laga baru bergulir 11 menit, Vietnam sudah langsung unggul lewat sontekan Nguyen Cong Phuong. Gol pembuka itu tercipta menawan setelah menerima operan Nguyen Anh Duc.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Klik:Sancho Tegaskan Setia di Dortmund
 
Sejatinya, bek Malaysia sudah memenuhi area penalti ketika gol itu tercipta. Tapi, mereka terkecoh dengan umpan Anh Duc yang dilancarkan tanpa mengontrol bola.
 
Malaysia langsung meningkatkan intensitas permainan ketika tertinggal. Tapi, pertahanan Vietnam masih terlalu kokoh untuk ditembus. Skor tipis 1-0 bertahan hingga turun minum.
 
Harimau Malaya--julukan timnas Malaysia sempat memasukkan Muhammad Safawi untuk mempertajam lini depan pada babak kedua. Namun, strategi itu masih belum ampuh.
 
Vietnam malah menggandakan keunggulan melalui sepakan Anh Duc pada menit ke-60. Gol tercipta sangat baik setelah menerima umpan terobosan Van Duc yang tidak terbaca bek Malaysia.
 
Klik: PSG Tertarik Datangkan Bakat Muda Dortmund
 
Tidak lama setelah gol tercipta, Ahmad Hazwan dan Muhammad Syafiq langsung diturunkan Malaysia. Tapi, kedua penyerang itu tidak bisa berbuat banyak hingga laga selesai. Vietnam akhirnya menang dengan skor, 2-0.
 
Para pemain Vietnam memang sangat disiplin dan cenderung bermain keras saat menjaga wilayahnya. Data seusai laga menyebutkan, terdapat 16 pelanggaran yang mereka lakukan di sepanjang pertandingan.
 
Hasil laga ini membuat Vietnam berada di urutan dua klasemen sementara dengan koleksi 6 poin. Jumlah poin itu sama dengan yang dimiliki Myanmar selaku pemuncak klasemen.
 
Sementara itu, Malaysia yang juga sudah memiliki 6 poin harus rela turun ke posisi tiga. Sebab, pertandingan kontra Vietnam merupakan laga ketiga mereka di fase grup.
 
Selanjutnya, Malaysia masih harus menghadapi Myanmar pada laga pamungkas Grup A. Di sisi lain, Vietnam masih punya jatah pertandingan kontra Myanmar dan Kamboja.
 

 

(KAU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif