NEWSTICKER
Suasana laga timnas U-18 vs Malaysia. (Foto: Media PSSI)
Suasana laga timnas U-18 vs Malaysia. (Foto: Media PSSI)

Piala AFF U-18

Kalah dari Malaysia, Timnas U-18 Batal Persembahkan Kado HUT RI

Bola Piala AFF U-18 Timnas U-18
Muhammad Al Hasan • 17 Agustus 2019 19:57
Thu Dau Mot:Tim nasional Indonesia U-18 batal memberikan kado kemenangan pada Hari Ulang Tahun Indonesia ke-74. Itu terjadi karena mereka kalah dari Malaysia pada fase semifinal Piala AFF 2019.
 
Pertandingan berlangsung sengit hingga memainkan babak tambahan di Stadion Go Dau, Vietnam, Sabtu 17 Agustus sore WIB. Malaysia baru memastikan kemenangan dengan skor 4-3 saat memainkan babak tambahan.
 
Indonesia sudah terpantau keteteran pada babak pertama karena Malaysia unggul lebih dulu lewat gol Moh Aiman Alif pada menit ke-18. Golnya diawali dengan tendangan bebas Muhammad Mukhairi Ajmal.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Setelah berkali-kali menggempur pertahanan Malaysia, timnas U-18 baru bisa menyamakan kedudukan lewat gol Beckham Putra pada menit ke-45. Dengan begitu, babak pertama ditutup dengan skor imbang 1-1.
 
Babak kedua bergulir lebih seru dan sengit karena kedua tim sama-sama mencetak dua gol tambahan. Selain itu, Indonesia tampil lebih agresif dan sempat berbalik unggul.
 
Kendati demikian. Malaysia malah mampu mencetak gol lebih dulu dan membuat kedudukan 2-1 lewat Luqman Hakim Syamsudin pada menit ke-55. Setelah itu, Malaysia baru terlihat tampil lebih bertahan.

Klik:Kabar Buruk Suarez untuk Barcelona


Terlecut dengan gol tersebut, Indonesia langsung meningkatkan intensitas serangan dan sukses menciptakan sepasang gol dengan cepat. Fajar Fathur mencatatkan nama sebagai pencetak gol kedua pada menit ke-80, sedangkan Salman Alfarid membalik kedudukan menjadi 2-3 pada menit ke-82.
 
Sial bagi timnas U-18, Malaysia malah mendapat hadiah tendangan penalti pada menit ke-83 karena Alfeandra Dewangga menekel Harits Haikal di kotak terlarang. Harits sebagai eksekutornya pun sukses menjalankan tugas dengan baik. Skor 3-3 tidak berubah hingga peluit panjang berbunyi.
 
Gol penentu kemenangan Malaysia juga sukses dicetak Harits pada menit ke-99. Prosesnya terjadi setelah menyundul umpan silang tendangan bebas salah satu rekannya.
 
Timnas U-18 sudah mengganti Fajar Fathur dengan Rendi Juliansyah untuk tampil lebih tajam pada babak tambahan kedua. Kemudian, Bagus Kahfi, Sutan Zico dan Brylian Aldama juga sering mendapat peluang emas. Sayang, tidak ada gol tambahan hingga peluit panjang berbunyi. Malaysia menang dengan skor, 4-3.
 
Timnas U-18 tidak langsung pulang ke Tanah Air setelah kalah di semifinal. Mereka masih berpeluang menyabet perunggu apabila menang di laga perebutan juara ketiga, Senin 19 Agustus mendatang. Lawan Indonesia saat itu akan ditentukan sesaat lagi lewat laga semifinal antara Australia vs Myanmar.
 
Susunan Pemain
 
Indonesia U-18: Ernando Ari (GK), Amiruddin Bagas Kaffa, David Maulana (C), Beckham Putra, Moch Supriadi, Bayu Muhammad, Fajar Fathur, Salman Alfarid, Brylian Aldama, Alfeandra Dewangga, Amiruddin Bagus Kahfi.
 
Cadangan: Muhammad Adisatryo, Risky Sudirman, Yudha Febrian, Fadhil Aditya, Theo Fillo Da Costa Numberi, Khairul Imam Zakiri, Sutan Diego Zico, Rendy Juliansyah, Braif Fatari, Komang Teguh Trinanda, Saddam Gaffar.
 
Malaysia U-18: Sikh Izhan Azman (GK), Firdaus Ramli, Hanth Haiqal Adam Afkar, Muhammad Mukhairi Ajmal Mahadi (C), Luqman Hakim Shamsudin, Aidil Azuan, Fakhrul Iman Naszari, Nuh Azlan Syah Yusof, Moh Nasip Moh Zain, Moh Aiman Afif M Afizul.
 
Cadangan: Firdaus Irman, M Riezman, M Wazif, M Azrin, MFirdaus, M Muslihuddin Atiq, M Faris, Ahmad Zikri, M Umar Hakeem, M Fahmi Daniel, Akmal Hazim Ismail
 

 

(KAU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif