Piala AFF 2018

Singkirkan Thailand, Malaysia Lolos ke Final Piala AFF 2018

Patrick Pinaria 05 Desember 2018 21:54 WIB
piala aff
Singkirkan Thailand, Malaysia Lolos ke Final Piala AFF 2018
Para pemain timnas Malaysia merayakan keberhasilannya lolos ke babak final (Foto: AFP/Lillian Suwanrumpha)
Bangkok: Malaysia berhasil mematahkan prediksi dan menyingkirkan Thailand di babak semifinal Piala AFF 2018. Tiket final diraih Harimau Malaya usai menahan imbang juara bertahan Thailand 2-2 pada leg kedua, Rabu 5 Desember 2018.

Malaysia lolos ke final dengan agresivitas gol tandang. Sebelumnya, pada leg pertama di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia berhasil menahan imbang 0-0.

Tandang ke Stadion Rajamanggala, Malaysia tampil cukup baik. Buktinya, mereka nyaris mengimbangi penguasaan bola tim tuan rumah dengan catatan 49,5 persen.


Baca: Pekan Terakhir Liga 1, Persija Resmi Main di SUGBK

Mental Malaysia benar-benar diuji pada laga ini. Seperti yang terjadi pada menit ke-21, ketika mereka harus tertinggal menyusul gol bunuh diri Muhammad Irfan. Malaysia bukannya terpuruk, tapi berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan pada menit ke-28 lewat aksi gelandang Selangor FA, Muhammad Syahmi bin Safari. Gol Syahmi memaksa babak pertama berakhir sama kuat, 1-1.

Pertarungan semakin terasa sengit. Terutama pada babak kedua. Kedua tim masih menunjukkan permainan terbuka. Mental Malaysia lagi-lagi diuji karena Thailand kembali unggul lewat Pansa Hemviboon pada menit ke-63.

Lewat perjuangan yang gigih, tekanan yang dilancarkan Malaysia akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-71. Striker veteran Noorsahlul Idlan Talaha menunjukkan kualitasnya dengan menyelesaikan umpan Mohamed Saymer untuk membawa Malaysia kembali menyamakan skor 2-2.

Ujian terakhir buat Malaysia terjadi pada masa injury time. Tim besutan Tan Cheng Hoe harus menerima hukuman penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan Syahmi di kotak terlarang. Syahmi sendiri harus keluar lapangan karena menerima dua kartu kuning.

Baca: Tumbangkan PSMS, PS Tira Berpeluang Lolos Zona Degradasi

Adisak Kraisorn, penyerang andalan Thailand maju sebagai eksekutor. Beruntung bagi Malaysia, eksekusi topskorer sementara Piala AFF 2018 itu melambung dari mistar gawang Malaysia. 

Kegagalan penalti Adisak sekaligus menutup masa perpanjangan waktu lima menit yang berikan wasit dengan skor imbang 2-2 atau agregat sama (2-2). Itu berarti, Malaysia berhak lolos ke final karena berhasil mencetak dua gol di kandang Thailand. Malaysia berpeluang mengulang sukses mereka pada Piala AFF 2010 di mana mereka berhasil mencetak sejarah meraih gelar pertama di Piala AFF. 

Selanjutnya, Malaysia akan menunggu pemenang antara Vietnam vs Filipina yang baru akan melakoni leg kedua babak semifinal pada Kamis 6 Desember besok. Untuk sementara Vietnam dalam posisi di atas angin karena berhasil menang 1-2 saat bertandang ke markas Filipina.

Susunan pemain:

Thailand: Budprom, Wiriyaudomsiri, Hemviboon, Kerdkaew, Roller/Sriyarngem (76'), Dechmitr, Kesarat/Anan (46'), Puangchan, Jaided, Kraisom, Tossakai/Purisai (63').

Malaysia: Farizal, Syahmi, Aidil Zafuan/Irfan (18'), Shahrul, Nazirul Naim, Sumareh, Saywer, Akram, Safawi/Akhyar (67'), Idlan/Pallraj (80'), Zaquan Adha.


Video: Komdis PSSI Tetapkan Hukuman untuk Hidayat

 



(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id