Indonesia vs Islandia

Hattrick Pemain PSV Paksa Indonesia Takluk atas Islandia

A. Firdaus 14 Januari 2018 21:00 WIB
timnas indonesia
<i>Hattrick</i> Pemain PSV Paksa Indonesia Takluk atas Islandia
Duel yang terjadi pada laga persahabatan antaran Indonesia kontra Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Foto: Kautsar Halim/Medcom.id)
Jakarta: Tim nasional Indonesia takluk oleh Islandia pada laga uji coba yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu 14 Januari 2018. Skuat Merah Putih harus mengakui kontestan Piala Dunia 2018 itu dengan skor 1-4. 

Bermain untuk pertama kalinya di SUGBK pasca-renovasi, Indonesia sempat meladeni permainan pasukan Heimir Hallgrimsson dengan unggul lebih dulu pada menit ke-29 melalui Ilham Udin Armaiyn. Namun Islandia bangkit untuk membuat skor akhir menjadi 4-1. Dari empat gol yang dicetak Islandia, tiga di antaranya hadir melalui kaki Albert Gudmundsson.

Mengandalkan formasi 4-3-3, timnas asuhan Luis Milla tampil mengesankan dengan mampu memberikan perlawanan kepada kontestan Piala Dunia 2018 itu. Padahal jalannya pertandingan dikuasai oleh Islandia. Tim tamu memaksa dan membuat hampir seluruh pemain Indonesia fokus bertahan. Setidaknya itu terjadi pada 16 menit awal.

Klik di sini: Toni Kroos Lempar Handuk

Selepas itu, perubahan strategi dilakukan oleh Luis Milla. Tampak Febry Hariyadi yang pada awal laga berada di sayap kiri, berganti posisi dengan Osvaldo Haay yang sebelumnya sebagai false nine.


Praktis Ilham Udin Armaiyn yang bertindak sebagai striker utama. Setidaknya strategi itu berjalan mulus. Tepatnya ketika pertandingan memasuki menit ke-29.

Berawal dari umpan Febry yang mengarah ke depan gawang, gagal dipetik dengan baik oleh kiper Islandia Runar Alex Runarson. Tak ayal Ilham yang berada di hadapannya langsung memanfaatkan dengan baik bola liar itu untuk mencetak gol. Indonesia unggul 1-0 atas Islandia pada menit ke-29.

Usai tertinggal, Islandia kembali mencoba melakukan serangan. Dengan keunggulan postur tubuh, Olafor Ingi Kulason dan kawan-kawan mengandalkan set piece untuk bisa membobol gawang Andritany.

Klik di sini: Kane Bisa Ciptakan Semua Rekor

Tapi ancaman justru didatangkan tuan rumah. Berhasil memotong aliran bola Islandia, Muhammad Hargianto nyaris membuat Indonesia menambah keunggulan, andai tendangannya tak terlalu melambung.

Di pengujung babak pertama usai, Islandia berhasil menyamakan kedudukan. Lewat serangan balik, Albert Gudmundsson yang baru masuk di pertengahan babak pertama mampu membuat keadaan menjadi imbang 1-1. Meski bola sepakannya sempat ditepis Andritany, bola tersebut ternyata kembali datang ke kakinya untuk segera diceploskan pada gawang Indonesia yang sudah lowong.

Memasuki babak kedua, Indonesia masih memberikan perlawanan. Sementara Islandia berusaha mencari cara lain untuk membongkar pertahanan tuan rumah yang tampil disiplin.

Pada menit ke-56, sadar peran Septian David Maulana tak begitu menonjol, Luis Milla menarik pemain Mitra Kukar itu. Posisinya digantikan Evan Dimas Darmono. Sayangnya dua menit berselang, Islandia berhasil unggul 2-1. Mengandalkan sepak pojok, Arnor Smarason mampu memanfaatkan kemelut di depan gawang Andritany.

Tak berhenti di situ, tim berjuluk Our Boys ini mulai meninggalkan jauh Indonesia setelah unggul 3-1. Gudmunsson kembali menjadi momok buat duet lini belakang Indonesia Fachrudin dan Hansamu. Tak pelak, pergerakan striker PSV Eindhoven itu membuat kerepotan lini pertahanan Indonesia.

Seperti pada menit ke-64 manuver Gudmondsson harus dihentikan Hansamu di kotak terlarang timnas. Alhasil wasit yang memimpin laga, Araki Yusuke menunjuk titik putih sebagai tanda penalti untuk Islandia. Gudmundsson yang mengambil eksekusi mampu menjebol gawang Andritany untuk kali kedua.

Gudmundsson akhirnya mencetak hattrick ke gawang Indonesia pada menit ke-72. Meski mendapatkan pengawalan ketat, pemain berusia 20 tahun itu dengan mudah menjaringkan bola ke gawang Andritany. Indonesia 1, Islandia 4

Tertinggal dengan skor 1-4 Luis Milla melakukan beberapa pergantian pemain. Ia memasukkan Hanif Sjahbandi, Boas Solossa, Gavin Kwan, dan Andik Vermansah. Tapi tak ada perubahan yang berarti sehingga Islandia mampu mempertahankan skor 4-1 hingga peluit panjang dibunyikan.



Menengok Kemegahan Gelora Bung Karno Pasca Renovasi




(FIR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360