Stephanie Frappart (AFP/KENZO TRIBOUILLARD)
Stephanie Frappart (AFP/KENZO TRIBOUILLARD)

Piala Super Eropa: Mengenal Stephanie Frappart, Wasit yang Pimpin Liverpool vs Chelsea

Bola liga dunia
Riyan Ferdianto • 14 Agustus 2019 12:46
Jakarta: Liverpool dan Chelsea akan saling berhadapan pada laga Piala Super Eropa 2019, Kamis 15 Agustus dini hari WIB. Laga yang berlangsung di Vodafone Park, Istanbul, Turki ini akan dipimpin oleh wasit wanita asal Prancis, Stephanie Frappart.
 
Stephanie Frappart yang berasal dari Prancis adalah wasit wanita pertama yang mempimpin pertandingan Piala Super Eropa 2019. Pada laga nanti Frappart akan ditemani oleh asisten wasit yang juga wanita, Manuela Nicolosi (Prancis) dan Michelle O'Neill (Republik Irlandia).
 
Sebelum ditunjuk UEFA untuk memimpin laga Liverpool kontra Chelsea, Frappart juga memiliki beberapa prestasi sebagai wasit wanita di berbagai kompetisi bahkan Piala Dunia wanita 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Pada bulan April, ia menjadi wasit pertandingan wanita pertama yang memimpin pertandingan Ligue 1 Prancis ketika ia memimpin pertandingan antara Amiens dan Strasbourg. Setelah beberapa tahun mengumpulkan pengalaman di Ligue 2 pria Prancis, ia telah dipromosikan secara permanen ke kumpulan wasit untuk musim Ligue 1 2019-2020.
 
Juli 2019 Frappart ditunjuk untuk memimpin final Piala Dunia Wanita FIFA. Ketika itu ia menjadi pemimpin laga antara Amerika Serikat kontra Belanda.

Baca:Chelsea Terancam Tanpa Kante di Piala Super Eropa


Ketua Komite Wasit UEFA Roberto Rosetti sama sekali tidak meragukan kualitas Frappart. Ia menilai wanita berusia 32 tahun itu telah membuktikan bahwa ia layak memimpin laga Liverpool kontra Chelsea.
 
"Stéphanie telah membuktikan selama beberapa tahun bahwa dia adalah salah satu wasit wanita terbaik, tidak hanya di Eropa tetapi di seluruh dunia."ujar Rosetti dilansir UEFA.
 
"Dia memiliki kemampuan untuk memimpin di panggung terbesar, seperti yang dia buktikan di final Piala Dunia Wanita tahun ini. Saya harap pertandingan di Istanbul ini akan memberinya lebih banyak pengalaman saat ia memasuki puncak karir wasitnya,"tambahnya.
 
Dilansir laman resmi UEFA Frappart juga menceritakan awal mulanya ia memilih menjadi wasit. Bahkan ia mengaku sudah mulai mencitai sepak bola sejak masih berumur 13 tahun.

Baca: Data dan Fakta Menarik Jelang Liverpool vs Chelsea


"Saya bermain sepak bola, tetapi saya juga ingin belajar tentang hukum permainan, jadi saya mulai menjadi wasit, dan terus bermain dan wasit hingga usia 20 tahun, ketika saya harus menentukan pilihan. Pada saat itu, struktur sepak bola wanita masih berkembang, jadi saya merasa bahwa akan lebih baik bagi saya untuk melanjutkan sebagai wasit."
 
"Sungguh, saya tidak pernah menetapkan target besar bagi diri saya sendiri. Saya pada dasarnya telah mengambil hal-hal dari pertandingan untuk pertandingan di sepanjang jalan. Saya tidak punya panutan, tetapi saya telah menyaksikan banyak wasit dan mereka semua memiliki pengaruh pada saya. Banyak orang di FA Prancis juga telah memberi saya nasihat yang baik untuk diikuti. "tutupnya.
 
Video: Timnas U-18 Siap Hadapi Lawannya di Semifinal
 

 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif