Andy Setyo Nugroho. (Foto: Instagram Andy Setyo)
Andy Setyo Nugroho. (Foto: Instagram Andy Setyo)

Andy Setyo Nugroho, Katpen Timnas U-22 yang Berprofesi Sebagai Prajurit TNI AD

Bola liga dunia piala aff Timnas U-22
Daviq Umar Al Faruq • 28 Februari 2019 15:07

Andy Setyo Nugroho diketahui seorang prajurit TNI Angkatan Darat. Kapten Timnas U-22 itu bertugas dalam kesatuan Batlyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 412 Divisi 2 Kostrad.

Malang: Kapten Timnas Indonesia U-22, Andy Setyo Nugroho ternyata tak hanya aktif di dunia sepak bola saja. Sebab, pemain berposisi stopper itu juga seorang prajurit TNI Angkatan Darat (TNI AD).
 
Andy diketahui tergabung dalam Kesatuan Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 412 Divisi 2 Kostrad. Pemain asal Pati, Jawa Tengah itu saat ini berpangkat Sersan Dua (Serda).
 
Menurut keterangan resmi Penerangan Divif 2 Kostrad, Andy mulai berkarier di militer sejak dari Sekolah Calon Bintara Prajurit Karier (Secaba PK) pada 2016 silam.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Selanjutnya, pemain 21 tahun ini ditempatkan di Kesatuan Yonif Mekanis 412/BES/6/2 Kostrad dengan Jabatan Danru 3/II/ Kompi B.
 
Kini, selain bertugas sebagai TNI, Andy juga memperkuat klub sepak bola PS Tira Persikabo dan dipercaya sebagai Kapten Timnas U-22.
 
Andy Setyo Nugroho, Katpen Timnas U-22 yang Berprofesi Sebagai Prajurit TNI AD
Andy Setyo Nugroho/kiri. (Foto: Instagram Andy Setyo)
 
Andy menjalani debut pertamanya bersama Timnas U-23 pada 22 Agustus 2017 lalu dalam ajang Asian Games 2017 melawan Vietnam U-23.
 
Dia juga membuat debut resminya untuk Timnas Senior pada 25 November 2017 dalam pertandingan melawan Guyana sebagai pemain pengganti.

Baca: Bertemu Presiden, Indra Sjafri Janjikan Medali Emas di SEA Games 2019

Seperti diketahui, Indonesia menjadi juara Piala AFF U-22 setelah menumbangkan Thailand dengan skor 2-1 di babak final yang berlangsung di di Olympic Stadium, Pnom Penh, Kamboja, Selasa 26 Februari 2019.
 
Namun, dalam laga puncak tersebut, Andy tak masuk skuat karena mengalami cedera. Sebab dia menderita kompresi hernia sejak melawan Malaysia pada Rabu 20 Februari 2019 lalu.
 
Pencapaian ini menjadi spesial bagi Timnas U-22. Pasalnya, ini pertama kalinya Indonesia mengikuti AFF U-22 dan keluar sebagai juara.
 
Persiapan tim polesan Indra Sjafri juga tidak mulus. Sebab, sejumlah pilar seperti Egy Maulana Vikri, Ezra Walian, dan Saddil Ramdani urung memperkuat timnas. Mereka dilarang tampil oleh masing-masing klub.
 
Namun, semua perjuangan tersebut berbuah gelar juara. Bahkan, para pemain, pelatih hingga ofisial tim diguyur Rp2,1 miliar dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Lalu, masing-masing pemain hingga ofisial dapat tambahan bonus sebesar Rp200 juta.
 
Video: Timnas U-22 Diarak Keliling Ibu Kota
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif