Piala AFF 2018

Kata Pelatih Thailand Usai Kalahkan Indonesia

M. Rizky Adhestian 18 November 2018 07:50 WIB
piala aff
Kata Pelatih Thailand Usai Kalahkan Indonesia
Milovan Rajevac (kiri) (Foto: AFF Suzuki Cup)
Bangkok: Pelatih Timnas Thailand, Milovan Rajevac, puas dengan performa timnya mengalahkan Timnas Indonesia pada laga Grup B Piala AFF 2018, Sabtu 17 November kemarin. Gol kedua Tim Gajah Putih disebut jadi momentum aksi comeback mereka.

Indonesia harus kembali takluk pada laga penyisihan grup Piala AFF 2018, setelah sebelumnya kalah dari Singapura 0-1 pada laga pertama. Bermain di Rajamangala National Stadium, Hansamu Yama cs dihentikan dengan skor 4-2 oleh Thailand.

Sebetulnya, Indonesia mampu unggul lebih dulu lewat gol pembuka yang dicetak Zulfiandi pada menit 29. Namun, menit 38 Korakod Wiriyaudomsiri segera membalasnya dengan gol dari kemelut depan gawang. 

Baca: Bima Sakti Beberkan Faktor Kekalahan Indonesia dari Thailand

Sepuluh menit kemudian atau menjelang turun minum, Pansa Hemviboon menjadi mimpi buruk kiper Awan Setho, usai mencetak gol cantik langsung dari tendangan sudut. Keunggulan Indonesia pun tidak berlangsung lama pada babak pertama.


Rajevac merasa keputusannya tepat mengganti winger Mongkol Tossakrai dengan gelandang Pokklaw Anan di babak kedua. Terbukti, tim tuan rumah mampu menambah dua gol lewat Pokklaw dan topskorer sementara, Adisak Kraisorn. Sementara gol Fachrudin Aryanto pada menit 89 hanya menjadi gol hiburan bagi Indonesia.

"Kami sedikit beruntung bisa bangkit dari ketertinggalan, terutama setelah berhasil mencetak gol (kedua) pada menit akhir babak pertama," kata Rajevac dikutip laman resmi Piala AFF.

"Di lini tengah ada sedikit masalah, makanya saya mengganti (Tossakrai dengan Pokklaw) yang terbukti mengubah permainan kami jadi lebih baik di babak kedua," lanjut dia.

Baca: Alasan Bima Sakti Simpan Andritany

Indonesia sendiri memang tampil membahayakan di babak pertama lewat serangan-serangan Riko Simanjuntak dan Stefano Lilipaly. Hal tersebut memang dirasakan sendiri oleh Rajevac.

"Laga ini sulit. Indonesia memulainya lebih baik dari kami dan unggul duluan, tapi saya senang arena kami menunjukkan karakter dan bangkit dari ketertinggalan," pungkas pelatih asal Serbia tersebut.

Hasil tersebut membuat Thailand sukses mempertahankan posisi mereka di puncak klasemen dengan mengoleksi enam poin. Sedangkan Indonesia harus turun ke posisi keempat klasemen sementara. Posisi yang membuat mereka lolos semakin berat.

Kini, Indonesia harus meraih kemenangan saat menghadapi Filipina pada laga terakhir. Namun, dengan catatan Filipina kalah dari Thailand.





metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id