Penyisihan Grup B Piala AFF 2018

Bima Sakti Beberkan Faktor Kekalahan Indonesia dari Thailand

Patrick Pinaria 18 November 2018 00:09 WIB
timnas indonesiapiala aff
Bima Sakti Beberkan Faktor Kekalahan Indonesia dari Thailand
Bima Sakti (Foto: MI/Rommy Pujianto)
Bangkok: Indonesia tidak berdaya saat bertandang ke markas Thailand pada laga ketiga penyisihan Grup B Piala AFF 2018, Sabtu 17 November. Pada laga tersebut, Garuda harus menelan kekalahan dari Thailand dengan skor 2-4.

Pelatih Indonesia Bima Sakti menilai menilai timnya sebetulnya sudah tampil baik pada awal babak pertama. Namun, menurutnya, Stefano Lilipaly dkk mulai tampil buruk ketika kebobolan kedua kali dari Thailand. Kemudian, Indonesia makin tertekan pada babak kedua.

"Kami bermain bagus pada awal pertandingan. Pada babak kedua, kami melakukan beberapa kesalahan yang membuat kami harus kalah," ujar Bima usai pertandingan lewat situs resmi PSSI, Sabtu (17/11/2018).


Baca: Digebuk Thailand, Timnas Indonesia di Ujung Tanduk

"Kami memiliki konsentrasi yang bagus pada babak pertama karena mencetak gol indah. Akan tetapi, setelah itu kami kebobolan dan gol kedua Thailand membuat kami down. Kami sempat bangkit ketika mencetak gol kedua, namun sudah terlambat. Thailand bermain bagus dan sulit untuk membongkar lini pertahanan mereka," tambahnya.

Indonesia sejatinya tampil oke pada laga yang digelar di Stadion Rajamangala tersebut. Statistik mencatat Indonesia mampu nyaris mengimbangi penguasaan bola Thailand. Catatan penguasaan bola keduanya adalah 50,5 persen (Thailand) berbanding 49,5 persen (Indonesia).

Bahkan, Indonesia mampu mengimbangi ketajaman Thailand. Tercatat, keduanya sama-sama menciptakan delapan tembakan mengarah ke gawang. Namun, Indonesia gagal menyelesaikan seluruh peluangnya dengan baik. 

Mereka hanya mampu mengonversikan dua gol dari total peluangnya. Sedangkan Thailand mampu menghasilkan empat gol sehingga membuat mereka menang dengan skor 4-2.

Baca: Komentar Riko Simanjuntak Usai Indonesia Ditekuk Thailand

Kekalahan ini membuat Indonesia harus turun ke posisi keempat klasemen sementara dengan mengoleksi tiga poin. Mereka terpaut tiga poin dari Thailand, Filipina, dan Singapura yang berada di posisi pertama, kedua, dan ketiga.

Meski hanya terpaut tiga poin dari ketiga tim di atas, peluang Indonesia lolos ke semifinal terbilang tipis. Mengingat, ketiga tim tersebut masih memiliki dua kesempatan bertanding. Sedangkan Indonesia tinggal menyisakan satu pertandingan, yakni menghadapi Filipina pada Minggu 25 November.

Kini, Indonesia harus meraih kemenangan saat menghadapi Filipina pada laga terakhir. Namun, sambil berharap Filipina menelan kekalahan dari Thailand pada laga keempat, Rabu 21 November.


Video: Filipina Geser Indonesia dari Puncak Klasemen Piala AFF 2018

 



(PAT)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id