Piala AFF 2018

Negara-negara dengan Catatan Gol Paling Sedikit dalam Sejarah Piala AFF

Gregorius Gelino 14 November 2018 20:37 WIB
piala aff
Negara-negara dengan Catatan Gol Paling Sedikit dalam Sejarah Piala AFF
Logo Piala AFF 2018 (Istimewa)
Jakarta: Piala AFF 2018 menjadi edisi ke-12 yang dihelat sepanjang sejarah. Nama Piala AFF sendiri baru digunakan pada 2008, sebelumnya kompetisi sepak bola terbesar di ASEAN ini bernama Piala Tiger.

Pertama kali digelar pada 1996, Piala AFF menyajikan sejarah panjang. Selain itu ada juga catatan statistik yang menarik. Medcom.id kali ini akan menyajikan lima negara dengan gol paling sedikit dalam sejarah Piala AFF.

1. Brunei Darussalam (1 gol)
Brunei baru mencetak satu gol di Piala AFF. Tapi hal itu dapat dimaklumi, pasalnya negara kesultanan itu baru sekali berpartisipasi di ajang kompetisi sepak bola terbesar negara-negara ASEAN itu.


Satu-satunya gol Brunei tercipta pada edisi pertama di Singapura pada 1996 ketika Piala AFF masih bernama Piala Tiger. Gol itu diciptakan Mohammad Irwan ketika Brunei menang 1-0 atas Filipina.

2. Timor Leste (3 gol)
Negara pecahan Indonesia ini baru menciptakan tiga gol. Tapi hal itu bisa dimaklumi karena Timor Leste baru berpartisipasi pada 2004.

Dalam partisipasi pertama mereka di Piala AFF, Timor Leste hanya mampu mencetak satu gol. Gol-gol itu tercipta dalam laga melawan Filipina dan Myanmar.

Namun, Timor Leste berpeluang menambah pundi-pundi gol mereka karena mereka dipastikan berprtisipasi dalam Piala AFF 2018. Mereka bahkan telah mencetak satu gol ketika dikalahkan Indonesia dengna skor 3-1.

Baca juga: Deretan Peraih Man of the Match di Piala AFF 2018

3. Kamboja (19 gol)
Dalam enam kali partisipasi Kamboja di Piala AFF, mereka baru mencetak 19 gol dari 22 laga. Selain itu, Kamboja juga baru memenangkan dua pertandingan mereka di Piala AFF ketika mengalahkan Laos (2000) dan Filipina (2002).

4. Laos (26 gol)
Meski telah berpartisipasi dalam 10 edisi Piala AFF, Laos nyatanya baru bisa mencetak 26 gol. Gol pertama yang dicetak Laos datang ketika dibantai 5-1 oleh Indonesia di edisi pertama Piala AFF pada 1996.

Selain catatan gol yang buruk, Laos memiliki catatan kebobolan yang buruk pula. Mereka telah diberondong 129 gol selama 10 partisipasi mereka di Piala AFF.

5. Filipina (29 gol)
Filipina menjadi tim terakhir dengan gol paling sedikit sepanjang gelaran Piala AFF. The Azkals baru bisa mencetak 29 gol dari 10 partisipasi mereka.

Namun, Filipina yang kini dilatih pelatih legendaris asa Swedia, Sven Goran-Eriksson, menjadi tim yang patut diperhitungkan. Pundi-pundi gol Filipina juga akan semakin bertambah dengan partisipasi mereka di Piala AFF 2018.

Video: Evaluasi Bima Sakti Usai Indonesia Kalahkan Timor Leste

 



(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id