Penyisihan Grup E Liga Champions 2018--2019

Sepasang Gol Tadic Antarkan Ajax ke Babak 16 Besar

Patrick Pinaria 28 November 2018 02:57 WIB
liga championsajax amsterdam
Sepasang Gol Tadic Antarkan Ajax ke Babak 16 Besar
Dusan Tadic (tengah) sukses membawa Ajax Amsterdam meraih kemenangan atas AEK Athena berkat kedua golnya (Foto: AFP/Aris Messinis)
Athens: Ajax Amsterdam memastikan lolos ke babak 16-besar Liga Champions 2018--2019. Kepastian lolos didapat de Godenzonen setelah menaklukkan AEK Athena dengan skor 2-0 pada matchday kelima penyisihan Grup E, Rabu 28 November.

Kemenangan tersebut membawa Ajax naik ke puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 11 poin. Kumpulan poin mereka pun tidak bisa lagi dikejar oleh dua tim yang berada di peringkat ketiga dan keempat. Di antaranya adalah Benfica (4 poin) yang menyisakan dua laga dan Athena (0 poin) yang tinggal menyisakan satu laga. 

Kini, Ajax tinggal menyisakan satu misi lagi saat berjumpa dengan Bayern Muenchen pada laga terakhir. Mereka butuh meraih poin guna finis sebagai juara grup.


Ajax pantas menang saat menghadapi Athena. Statistik mencatat tim besutan Erik ten Hag tampil dominan pada laga tersebut. Mereka bermain dengan penguasaan bola sebanyak 67 persen.

Ajax juga tampil tajam. Tercatat, mereka mampu melepaskan lima tembakan mengarah ke gawang. Sementara itu, tim tuan rumah malah hanya mampu menciptakan dua tembakan mengarah ke gawang.

Baca: Liverpool Favorit, tapi Masih di Bawah City

Meski mendominasi pertandingan, Ajax dibuat kerepotan meladeni permainan Athena. Terutama dalam hal pertahanan ketat ala tim tamu. Buktinya, mereka tidak satu pun berhasil mencetak gol pada babak pertama. 

Pun begitu Athena. Lantaran terlalu fokus dengan bertahan, mereka juga kesulitan menyerang. Hingga turun minum, skor 0-0 bertahan untuk kedua tim.

Tidak ada yang berubah secara signifikan dalam babak kedua. Ajax masih mengambil kendali permainan pada babak itu. Namun, mereka lagi-lagi kesulitan menembus pertahanan Athena.

Melihat situasi ini, pelatih Ajax ten Hag pun cepat mengambil tindakan dengan melakukan pergantian pemain. Tepat pada menit ke-62, ia memasukkan Klaas Jan Huntelaar untuk menggantikan Kasper Dolberg.

Keputusan ten Hag memasukkan Huntelaar pun terbilang jitu. Kehadiran striker asal Belanda tersebut membuat permainan Ajax lebih atraktif.

Baca: Liverpool Berencana Boyong Asensio Musim Depan 

Alhasil, Ajax sukses memecah kebuntuan pada menit ke-68 lewat gol Dusan Tadic. Mantan pemain Southampton tersebut sukses membobol gawang Athena lewat eksekusi penalti. 

Kans penalti didapat Ajax setelah penyerang Athena Marko Livaja melakukan handball di dalam kotak. Aksinya itu pun membuatnya harus keluar dari lapangan. Sebab, ia harus mendapat kartu kuning kedua akibat pelanggarannya tersebut.

Tadic kembali membuat gawang Athena merana. Pada menit ke-72, ia menceploskan bola ke gawang tim tuan rumah setelah mendapat umpan dari Huntelaar di dalam kotak.

Tertinggal dua gol, Athena mencoba untuk meningkatkan intensitas permainan. Sejumlah peluang langsung diciptakan mereka melalui Michalis Bakakis dan Lucas Boye. 

Beruntung bagi Ajax. Upaya-upaya mereka tidak berbuah maksimal. Skor 2-0 tidak berubah dan memberikan kemenangan untuk Ajax. 


Susunan pemain

AEK Athena: Vasileios Barkas, Niklas Hult, Dmytro Chyrgrynskiy, Marios Oikonomou, Michail Bakakis, Alef dos Santos Saldanha, Kostantinos Galanopoulos, Petros Mandalos/Viktor Klonaridis (78'), Marko Livaja, Rodrigo Galo Brito/Lucas Boye (73'), Ezequiel Ponce/Giorgos Giakoumakis (82').

Ajax Amsterdam: Andre Onana, Noussair Mazraoui/Rasmus Kristensen (82'), Matthijs de Ligt, Daley Blind, Maximilian Wober, Donny van de Beek/Zakaria Labyad (86'), Lasse Schone, Frenkie de Jong, David Neres, Kasper Dolberg/Klaas Jan Huntelaar (62'), Dusan Tadic.


Video: Indonesia Kontra Filipina Berakhir Imbang Tanpa Gol

 



(PAT)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id