Georginio Wijnaldum dan Virgil van Dijk berpose dengan trofi Liga Champions 2018--2019. (Paul ELLIS / AFP)
Georginio Wijnaldum dan Virgil van Dijk berpose dengan trofi Liga Champions 2018--2019. (Paul ELLIS / AFP)

Kumpulan Fakta Dibalik Kemenangan Liverpool atas Spurs

Bola liga champions liverpool
Kautsar Halim • 02 Juni 2019 07:16
Madrid: Liverpool berhasil menjuarai Liga Champions 2018--2019. Tren positif itu mereka raih setelah menaklukkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0 pada fase final, Minggu 2 Juni dini hari WIB.
 
Jalannya pertandingan berlangsung menarik di Stadion Wanda Metropolitano yang merupakan markas Atletico Madrid. Liverpool sudah unggul lebih dulu ketika laga baru bergulir 1 menit 48 detik.
 
Adalah Mohamed Salah yang membuka keunggulan Liverpool. Prosesnya dilakukan lewat tendangan penalti karena Moussa Sissoko melakukan handsball di kotak terlarang.

Klik:Wanita Pengganggu Final Liga Champions Pernah Mampir ke Indonesia


Spurs sempat menggedor pertahanan Liverpool, khususnya pada babak kedua. Tapi, mereka malah kembali kebobolan lewat tendangan Divock Origi pada menit ke-87.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Tidak banyak yang bisa dilakukan Spurs saat tertinggal makin jauh di waktu yang kian menyempit. Skor kemenangan The Reds 2-0 tidak berubah hingga laga berakhir.
 
Hasil pertandingan hanya salah satu sisi menarik dari pertemuan Liverpool dengan Spurs. Sebab terdapat beberapa pemain yang menorehkan rekor pribadi.Berikut fakta dibalik kemenangan Liverpool atas Spurs:
 
- Liverpool menurunkan starting XI yang belum pernah digunakan dalam 53 laga belakangan ini.
 
- Mohamed Salah menjadi pencetak gol tercepat kedua di sepanjang sejarah final Liga Champions. Rekor pencetak gol tercepat pertamanya masih dipegang mantan bek AC Milan Paulo Maldini (detik ke-50).
 
- Mohamed Salah menjadi pemain Afrika kelima yang mencetak gol di final Liga Champions atau European Cup. Selain dia, ada Rabah Madjer, Samuel Eto'o, Didier Drogba dan Sadio Mane.
 
- Spurs tidak pernah unggul pada babak pertama dalam 13 laga Liga Champions musim ini.
 
- Harry Kane hanya menyentuh bola 11 kali pada babak pertama.
 
- Divock Origi menjadi pemain kedua dari Belgia yang bisa mencetak gol di Liga Champions atau European Cup. Pencapaian serupa diraih sebelumnya oleh Yannick Carrasco dalam laga Atletico Madrid vs Real Madrid (2016).
 
- Juergen Klopp pelatih keempat Liverpool yang bisa mempersembahkan trofi Liga Champions. Sebelumnya ada Bob Paisley, Joe Fagan dan Rafa Benitez.
 
- Liverpool sudah enam kali juara Liga Champions. Jumlah itu menjadikan mereka sebagai klub Inggris yang paling kuat di Eropa. Di bawah mereka, ada Manchester United yang baru juara tiga kali.
 
- Tidak ada pemain lawan yang bisa menggiring bola sambil mengoper dengan sempurna saat dihalangi Virgil van Dijk. Tren positif itu sudah dia lakukan dalam 64 pertandingan bersama Liverpool belakangan ini.
 
- Spurs membombardir Liverpool dengan 14 tembakan pada babak kedua. Tapi, tetap tidak ada gol yang tercipta.
 
- Tidak ada kiper selain Alisson Becker yang bisa melakukan penyelamatan delapan kali sambil cleensheet pada final Liga Champions. Sejatinya, ada Edwin van der Sar yang jumlah penyelamatanya serupa. Tapi, dia kebobolan tiga gol saat melakukannya.
 
- Daniel Sturridge satu-satunya pemain Liga Primer Inggris yang menjuarai Liga Champions dengan dua tim berbeda. Tapi uniknya, prestasi itu dia raih dengan status pemain cadangan. Sebelum membela Liverpool, Sturridge juga merayakan gelar Liga Champions Chelsea pada 2012.
 
- Joel Matip berhasil menggagalkan serangan Spurs sebanyak 14 kali. Jumlah itu sudah lebih banyak ketimbang para bek lainnya pada fase gugur.
 
- Hanya ada enam kiper di dunia yang menjaga gawangnya tidak kebobolan pada fase final. Mereka adalah Gianluigi Buffon, Dida, Vitor Baia, Victor Valdes, Julio Cesar dan Allison. Tiga di antaranya berasal dari Brasil.
 
- Divock Origi sudah mengoleksi tiga gol di Liga Champions dan Liga Primer Inggris musim ini.
 
- Georginio WIjnaldum hanya 15 kali menyentuh bola saat menghadapi Spurs. Itu merupakan jumlah terkecil ketimbang semua pemain lainnya.
 
- Mohamed Salah menjadi pemain Mesir pertama yang mencetak gol di final Liga Champion
 

(KAU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif