Insiden Suporter Meninggal Dunia

Kampanye Setop Kekerasan di PSSI 88th U19 International Tournament

Kautsar Halim 26 September 2018 10:59 WIB
liga 1 indonesiaAnarkisme Suporter
Kampanye Setop Kekerasan di PSSI 88th U19 International Tournament
Penggawa Timnas U-19. (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)
Bogor: Tewasnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirila, membuat publik sepak bola Tanah Air berduka. Tak terkecuali skuat timnas U-19 dan para suporter fanatiknya.

Bentuk kepedulian itu mereka tunjukkan saat menghadapi Tiongkok pada laga pamungkas PSSI 88th U19 Internasional Tournament di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Selasa 25 September malam WIB.

Spanduk besar ucapan bela sungkawa sudah berjajar di pagar tribun sebelum pertandingan dimulai. Menjelang kick off, skuat timnas U-19 dan Tiongkok juga sama-sama menundukkan kepala untuk mengheningkan cipta sekitar semenit.


Tidak selesai sampai di situ, di antara pemain timnas U-19 ada yang membawa kaus bertuliskan "Stop Korban Suporter". Itu terlihat saat skuat Garuda Nusantara mendekati tribun penonton untuk berterimakasih kepada penonton yang rela datang ke stadion.

Skuat timnas U-19 berinteraksi dengan melambaikan tangan. Kemudian, mereka ikut menyanyikan penggalan lagu milik  Endang Soekamti dan melakukan ritual Viking Clap. Beberapa pemain juga ada yang memanfaatkan momen untuk berswa foto.

Baca: PSSI Setuju Liga Indonesia Dihentikan Sementara


Para suporter Indonesia yang diketahui tergabung dengan komunitas Ultras Garuda memang pantas diapresiasi. Pasalnya, yel-yel dan nyanyian dukungan mereka tetap menggema meskipun tim kesayangannya kalah dari Tiongkok dengan skor telak, 0-3.

Hasil tersebut membuat timnas U-19 menelan pil pahit menjadi juru kunci turnamen karena hanya mampu mengoleksi satu poin. Sebiji poin itu pun mereka dapat dengan susah payah saat menahan imbang Thailand 2-2 pada laga pertama.

Sejatinya, Thailand juga hanya memiliki satu poin di turnamen persiapan AFC Cup U-19 ini. Tapi, mereka sempat mencetak gol saat Tiongkok menaklukkannya dengan skor, 3-1.

Kampanye setop kekerasan antarsuporter sudah dilakukan sebelumnya oleh PSSI, Kemenpora dan para pemain Liga 1 Indonesia yang tergabung dengan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI). 

Haringga tewas mengenaskan menjelang laga pekan ke-23 Liga 1 Indonesia 2018 yang mempertemukan Persib dengan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu 23 September. Kala itu, ia dikeroyok oknum suporter Persib dengan cara yang biadab.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Legenda Persib Sarankan Organisasi Suporter Dibubarkan



(ASM)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id