PSSI Setuju Liga Indonesia Dihentikan Sementara
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi ditemani Waketum Joko Driyono saat menggelar konferensi pers di Hotel Borobudur (Foto: M. Rizky Adhestian/Medcom.id)
Jakarta: Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi menghentikan sementara aktivitas Liga 1 Indonesia 2018. Pembekuan ini terkait insiden suporter Persija Jakarta, Haringga Sirila, yang tewas di Bandung pada Minggu 23 September.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi. Edy mengatakan langkah itu diambil untuk melancarkan investigasi. 

"PSSI menghentikan sementara Liga 1 senior dalam pertandingan putaran kedua (pekan 24) di 18 klub sampai waktu yang belum ditentukan," ujar Edy pada konferensi pers di Jakarta, Selasa (25/9).


"Saya tidak bisa menentukan waktu ini, sampai hal ini kita tahu pasti dan apa yang harus kita berikan," lanjut dia.

Edy menambahkan pihaknya akan mengadakan konsolidasi dengan pihak-pihak terkait, yakni PT LIB, klub-klub Liga 1, dan para fans klub. Gubernur Sumatera Utara itu berjanji hasil konsolidasi tersebut nantinya akan melahirkan Standard Operation Procedure (SOP) yang dapat meredam penyakit sepak bola Indonesia yang akut ini.

Klik juga: Permalukan Timnas U-19, Tiongkok Juara PSSI 88th International Tournament

"Berikan kami waktu untuk melakukan konsolidasi, badan PSSI dengan liga, klub, serta fans untuk membahas secara utuh dengan segera," kata Edy.

"Dari hasil kita bicara, dari ini semua, kita akan membuat SOP yang lebih jelas dalam rangka meredam dan menghentikan kegiatan-kegiatan yang merugikan, yang berulang-ulang terus," tambahnya.

Nantinya, PSSI akan melaporkan hasil konsolidasi tersebut kepada AFC dan induk terbesar sepak bola, FIFA. Lebih lanjut, Edy berjanji juga akan membahasnya dengan pihak-pihak penanggung jawab lainnya seperti BOPI, KONI, dan Kemenpora.

Penghentian sementara aktivitas sepak bola level klub PSSI juga sebenarnya sudah dihimbau oleh Kemenpora dan BOPI. Para pemain senior yang tergabung dalam Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) juga melakukan aksi mogok main dan menuntut adanya nota damai antar fans klub sepak bola di Indonesia.

Haringga Sirila tewas di lingkungan Stadion Gelora Bandung Lautan Api Bandung menjelang laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta. Ia dikeroyok oknum fans Persib yang terekam dalam video dan tengah viral di dunia maya.

PT LIB Serahkan Hasil Evaluasi Laga Persib Vs Persija ke PSSI




(FIR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id