Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Tangkapan Layar Kanal Youtube HUT 56 Partai Golkar
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Tangkapan Layar Kanal Youtube HUT 56 Partai Golkar

Klinik Kuning Terus Didorong Lahir untuk Tangani Covid-19

Medcom Files
M Rodhi Aulia • 25 Oktober 2020 10:37
DI BAGIAN akhir pidato puncak perayaan HUT ke-56 Partai Golkar, Airlangga Hartarto kembali mewacanakan pendirian klinik kuning (yellow clinic). Sebuah klinik yang dibangun khusus dalam menghadapi pandemi covid-19.
 
“DPP Partai Golkar juga mendorong lahirnya Yellow Clinic, yaitu lembaga kesehatan yang akan membantu warga kita dalam mengatasi berbagai masalah medis, khususnya pemeriksaan dan pengobatan yang dibutuhkan dalam mengatasi pandemi Covid-19,” kata ketua umum Partai Golkar ini dalam sebuah pidato di Jakarta, Sabtu 24 Oktober 2020.
 
Pada Sabtu pekan sebelumnya, Airlangga juga mewacanakan ide kilinik tersebut dalam pidato peluncuran gerakan 3 M (Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan). Kala itu, ia menyebut dua nama pengurus DPP Golkar, Erwin Aksa dan Febri Hendri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Airlangga mendorong Erwin untuk bergerak mewujudkan klinik kuning tersebut. Kepada Febri, Airlangga memintanya untuk menjadi penanggung jawab terkait pengelolaan klinik. “Yellow clinic ini kita matangkan, dan kepala bidang bencana alam saudara Febri nanti akan diberi tugas oleh DPP untuk bertanggung jawab mengelola klinik,” ucap Airlangga, Sabtu 17 Oktober 2020.
 
Klinik kuning ini diproyeksikan menjadi tempat pemeriksaan status seseorang terkait covid-19. Pasalnya, pemeriksaan itu menjadi sebuah keharusan di masa pandemi.
 
Sebuah masa tanpa kepastian. Potensi penyebarannya pun terbilang tinggi dan cepat. Diprediksi dua hingga tiga tahun ke depan, pandemi ini, belum akan hilang total dari kehidupan sehari-hari.
 
Airlangga mengatakan pemeriksaan status ini akan menjadi kebiasaan baru dan rutin. Namun pemeriksaan tersebut tidak gratis.
 
“Pemerintah sudah mematok harga maksimum Rp900 ribu. Maka Partai Golkar akan menyelenggarakan yellow clinic, mungkin di Pulau Jawa dan beberapa tempat lain, di mana targetnya, harganya di bawah Rp900 ribu,” ujar dia.
 
Di sisi lain, Airlangga mengapresiasi kepemimpinan Presiden Joko Widodo dalam menghadapi masa sulit seperti ini. Pasalnya berkat arahan Jokowi dan kerjasama semua pihak, telah tampak tanda-tanda yang semakin membaik.
 
“Di tengah kesulitan dunia yang mendalam, kepemimpinan Pak Jokowi di negeri kita mampu menemukan jalan optimal, sehingga kondisi Indonesia sejauh ini relatif lebih baik dibandingkan dengan banyak negeri lainnya,” ujar dia.
 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif