Kasubbid Tracking Satgas Covid-19 Kusmedi Priharto dalam sebuah diskusi virtual Satgas Covid-19, Selasa 24 November 2020
Kasubbid Tracking Satgas Covid-19 Kusmedi Priharto dalam sebuah diskusi virtual Satgas Covid-19, Selasa 24 November 2020

Gratis Tes Covid-19 di Puskesmas

Medcom Files
M Rodhi Aulia • 24 November 2020 16:39
Jakarta: Pemerintah mengimbau agar semua masyarakat yang merasakan gejala covid-19 untuk datang ke Puskesmas. Pemerintah memberikan pelayanan gratis jika masyarakat tersebut diduga kuat terkena covid-19.
 
"Di Puskesmas, kalau kita betul-betul memang ada gejala covid-19 dan itu gratis," kata Kasubbid Tracking Satgas Covid-19 Kusmedi Priharto dalam sebuah diskusi virtual Satgas Covid-19, Selasa 24 November 2020.
 
Kusmedi menuturkan, pihak Puskesmas akan mengecek kondisi pasien. Jika dugaan terkait covid-19 menguat, Puskesmas akan melakukan tes covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Namun Kusmedi menjelaskan dua hal. Pertama, tes untuk keperluan tracing atau penelusuran orang yang diduga terpapar covid dan kedua, untuk kepastian status covid-19 atau diagnostik. "Kalau untuk tracing, sekarang ada metode yang namanya antigen. Sekitar 10-15 menit, hasilnya sudah bisa tahu (keluar). Tingkat akurasinya sekitar 81-82 persen," beber Kusmedi.
 
Jika ternyata hasilnya reaktif atau positif, maka pasien akan diminta melakukan tes PCR (Polymerase Chain Reaction). Tes PCR ini sebagai langkah untuk mencari kepastian atau konfirmasi status.
 
"Kita di Satgas sudah menyiapkan ruang isolasi. Baik itu di Wisma Atlet atau hotel-hotel yang sudah difasilitasi negara," ujar dia.
 
Bagi warga yang jauh dari Ibu Kota, tidak perlu khawatir. Pemerintah memberikan fasilitas khusus, terutama di 10 Provinsi.
 
"Ada dana untuk biaya makan, per orang, per hari, tiga kali. Kita siapkan untuk mereka yang melakukan isolasi mandiri di rumah karena tidak ada fasilitas pemerintah untuk melakukan isolasi," kata Kusmedi.
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif