Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Kanker Payudara Disebabkan Penggunaan Bra Berkawat dan Tidak Dicuci? Ini Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta kanker payudara hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 04 Juni 2022 12:00
Beredar informasi di media sosial menyebut kanker payudara disebabkan oleh pemakaian bra yang tidak dicuci, bra hitam di musim panas, dan menggunakan bra saat tidur serta memakai bra berkawat.
 
Akun Facebook ini membagikan klaim tersebut pada Kamis, 2 Juni 2022. Informasi itu diklaim berasal dari Lembaga Penyuluhan Kanker Indonesia.
 
Berikut penggalan narasi yang beredar:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Untuk semua wanita Kick Off "Kanker Payudara".
rawat bayimu dengan ASI
cuci BH Anda setiap hari.
Hindari BH hitam di musim panas
Jangan kenakan BH saat tidur.
Jangan sekali-kali memakai BH berkawat. *SUMBER:*
*LPKI (LEMBAGA PENYULUHAN KANKER INDONESIA)*"

 
Benarkah? Simak cek faktanya.
 
[Cek Fakta] Kanker Payudara Disebabkan Penggunaan Bra Berkawat dan Tidak Dicuci? Ini Cek Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa kanker payudara disebabkan oleh pemakaian bra yang tidak dicuci, penggunaan bra hitam di musim panas, menggunakan bra saat tidur dan memakai bra berkawat adalah salah. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah terkait klaim tersebut.
 
Dikutip dari Halodoc, menurut laman UAMS Health, para dokter menyatakan bahwa jenis bra kawat maupun pakaian dalam yang ketat lainnya tidak ada hubungannya dengan risiko kanker payudara. Selain itu, tidak ada bukti ilmiah satupun yang mendukung rumor yang telah beredar dikalangan wanita ini.
 
Pula, dilansir Detik.com, dokter kandungan dan juga konsultan onkologi dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Sigit Purbadi, SpOG(K) Onk, mengatakan pencegahan kanker payudara tidak berhubungan dengan kebiasaan mencuci bra setiap hari dan tidak memakai bra saat tidur. Mencuci bra lebih terkait pada faktor kebersihan, terutama di area kulit sekitar payudara. Jika Anda tidak mencuci bra dengan rutin, maka Anda lebih berisiko gatal-gatal atau iritasi pada kulit.
 
Sementara kebiasaan tidak memakai bra saat tidur juga dikatakan dr Sigit tak memengaruhi risiko kanker payudara. Sebuah studi di tahun 2014 yang dilakukan Fred Hutchinson Cancer Research Center, Seattle, Amerika Serikat, menemukan bahwa bra tidak terbukti berpengaruh terhadap risiko kanker payudara.
 
Kementerian Kesehatan menyebutkan hingga saat ini penyebab pasti kanker payudara belum diketahui. Namun sejumlah faktor-faktor risiko yang dapat meningkatkan terjadinya kanker payudara, yaitu: merokok dan terpapar asap rokok (perokok pasif), pola makan yang buruk (tinggi lemak dan rendah serat, mengandung zat pengawet/ pewarna), haid pertama pada umur kurang dari 12 tahun, menopause (berhenti haid) setelah umur 50 tahun.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa kanker payudara disebabkan oleh pemakaian bra yang tidak dicuci, bra hitam di musim panas, dan menggunakan bra saat tidur serta memakai bra berkawat adalah salah. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah terkait klaim tersebut.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 
[Cek Fakta] Kanker Payudara Disebabkan Penggunaan Bra Berkawat dan Tidak Dicuci? Ini Cek Faktanya
 
Referensi:
-https://www.halodoc.com/artikel/benarkah-memakai-bra-kawat-tingkatkan-risiko-kanker-payudara
-https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3532747/cuci-bra-setiap-hari-bisa-cegah-kanker-payudara-ini-kata-dokter
-https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-kanker-dan-kelainan-darah/page/7/apa-penyebab-kanker-payudara
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif