Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Suara Tangisan di Dasar Laut Lokasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 13 Januari 2021 12:52
Beredar sebuah video wawancara salah satu penyelam yang mengaku mendengar suara tangisan di dasar laut di lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Suara tangisan tersebut terdengar dalam rekaman video yang dibawa penyelam.
 
Dalam wawancara tersebut, Hendrata Yudha salah satu penyelam dari Indonesia Divers Rescue mengatakan suara tangisan tertangkap di kamera bawah air yang di bawanya. Ia mengatakan suara seperti seseorang meminta tolong.
 
Video ini dibagikan akun facebook bernama Penomenal pada 11 Januari 2020. Dalam unggahannya ia memberikan kutipan sebagai berikut.

"Serem ada suara tangisan di lokasi jatuh nya pesawat Sriwijaya air di antara potongan tubuh"

[Cek Fakta] Suara Tangisan di Dasar Laut Lokasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim penyelam mendengar suara tangisan di dasar laut lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 adalah salah. Faktanya, wawancara tersebut adalah video lama pengakuan Hendrata Yudha saat pencarian korban jatuhnya pesawat Lion Air JT610 di perairan Karawang, Jawa Barat 2018 lalu. Dalam video tersebut menggabungkan wawancara Hendrata Yudha pada 2018 lalu dengan video berita terkini pencarian Sriwijaya Air SJ-182.
 
Dilansir indozone.id, dalam video tersebut terdengar suara tangis di dasar laut saat petugas penyelam tengah mengevakuasi lokasi jatuhnya pesawat.
 
Suara tangis tersebut menjadi misteri bagi petugas penyelam, sebab saat mereka tengah di dasar laut tidak mendengar suara tangis tersebut. Namun saat rekaman diperdengarkan di darat barulah terdengar suara tersebut.
 
"Suara-suara aneh yang sebetulnya orang bilang suara manusia, padahal secara di dalam air itu kan kita tidak bisa berbicara. Suara-suara seperti menangis atau dia minta tolong, itu yang menjadi salah satu misteri ketika menolong korban di bawah air," kata penyelam, Hendrata Yudha dalam video itu.
 
[Cek Fakta] Suara Tangisan di Dasar Laut Lokasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182? Ini Faktanya
 
Dilansir rmol.id, Hendrata menceritakan bagaimana suara itu tertangkap kamera bawah laut yang ia pakai ketika mencari puing-puing pesawat dengan logo kepala Singa tersebut. Ia menegaskan suara itu didengar di hari ketiga proses pencarian.
 
"Suara tangisan itu masuk terekam audio di kamera saya. Nah, ketika memindahkan folder SD card kamera tersebut, kemudian terdengar jelas suara tangisan itu," kata Hendrata.
 
[Cek Fakta] Suara Tangisan di Dasar Laut Lokasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim penyelam mendengar suara tangisan di dasar laut lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 adalah salah. Faktanya, wawancara tersebut adalah video lama pengakuan Hendrata Yudha saat pencarian korban jatuhnya pesawat Lion Air JT610 di perairan Karawang, Jawa Barat 2018 lalu.
 
Informasi ini jenis hoaks manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
[Cek Fakta] Suara Tangisan di Dasar Laut Lokasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://nusantara.rmol.id/berita/365845-cerita-mistis-penyelam-ketika-evakuasi-lion-air-pk-lqp
2.https://www.indozone.id/news/M7sDpY6/viral-video-lawas-evakuasi-lion-air-jt-610-ada-suara-tangis-di-dasar-laut-bikin-merinding/read-all
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016.
 

Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini:https://bit.ly/2H42ayb

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif