Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Fadli Zon akan Jemput WNI Eks ISIS di Suriah? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 22 Oktober 2020 13:50
Beredar sebuah tangkapan layar artikel berita yang menerasikan politikus Partai Gerindra Fadli Zon akan menjemput warga negara Indonesia (WNI) mantan ISIS yang kini nasibnya terlantar di sejumlah kamp pengungsian di Suriah. Narasi ini beredar di media sosial facebook.
 
Akun Facebook atas nama Jhonatan Nandyto membagikan tangkapan layar ini pada 18 Oktober 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi sebagai berikut.

"Alkhamdulillahh
Kpn pk FZ kira2 berangkat!!!
Sy senang mendengarnya!!!????????????????"

[Cek Fakta] Fadli Zon akan Jemput WNI Eks ISIS di Suriah? Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Fadli Zon akan menjemput WNI eks ISIS di Suriah adalah salah. Faktanya, narasi tersebut hasil suntingan dari pernyataan sebenarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Foto dalam tangkapan layar tersebut, ditemukan dalam artikel berjudul "Dukung Pemulangan WNI Eks ISIS, Fadli Zon: Kembalikan Mereka ke Jalan yang Benar". Artikel dimuat di situs Okezone.com pada 6 Februari 2020. Anggota Komisi I DPR, Fadli Zon menilai langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak tepat setelah mengisyaratkan menolak kepulangan warga negara Indonesia (WNI) eks kelompok teroris Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).
 
"Menurut saya tak tepat karena bagaimana pun mereka adalah WNI," kata Fadli Zon dilansir Okezone.com.
 
Fadli menilai, pemerintah harus mengambil satu kajian terkait persoalan rencana pemulangan sekitar 600 WNI eks ISIS tersebut. Pasalnya, menurut dia, WNI yang terdiri dari anak-anak dan perempuan tersebut juga merupakan korban.
 
Politisi Partai Gerindra itu menerangkan bahwa banyak anak-anak yang tak berdosa dibawa ke timur tengah setelah orangtuanya bergabung dengan ISIS. Namun, lanjut Fadli, mereka menyesal telah bergabung dengan kelompok teroris tersebut setelah dipenjara.
 

[Cek Fakta] Fadli Zon akan Jemput WNI Eks ISIS di Suriah? Ini Faktanya
 
Dilansir dari CNNIndonesia.com, Fadli menyarankan pemerintah melihat secara kasus per kasus dari para WNI eks ISIS tersebut. Sebab, kata dia, banyak juga di antara mereka yang kasusnya justru menjadi korban.
 
Fadli menyatakan pemerintah bisa mengecualikan WNI eks ISIS yang secara sadar melakukan tindakan terorisme untuk merugikan banyak orang.
 
"Jadi jangan begitulah. Jangan memakai perasaan tapi lihat secara kasuistis... banyak juga dari mereka yang terbawa-bawa saja. Bahkan yang keluarganya itu tak tahu apa-apa," kata Fadli
 

[Cek Fakta] Fadli Zon akan Jemput WNI Eks ISIS di Suriah? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Fadli Zon akan menjemput WNI eks ISIS di Suriah adalah salah. Faktanya, narasi tersebut hasil suntingan dari pernyataan sebenarnya.
 
Informasi ini jenis hoaks Misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Fadli Zon akan Jemput WNI Eks ISIS di Suriah? Ini Faktanya
 
Referensi:
1.https://archive.vn/hyrTn
2.https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200206184540-32-472374/fadli-zon-kritik-sikap-jokowi-tolak-wni-eks-isis
3.https://nasional.okezone.com/berita/337-2164473/dukung-pemulangan-wni-eks-isis-fadli-zon-kembalikan-mereka-ke-jalan-yang-benar
 

*Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari Tim Kami untuk Kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb
 

[Cek Fakta] Fadli Zon akan Jemput WNI Eks ISIS di Suriah? Ini Faktanya

 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif