Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Bupati Lamongan Ajak Perantau untuk Pulang ke Lamongan? Begini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 16 September 2021 19:42
Beredar unggahan yang memperlihatkan poster bergambar Bupati Lamongan Yuhronur Efendi disertai narasi seruan kepada perantau untuk kembali pulang. Akun Facebook Ikhya Ulumuddin membagikan unggahan ini pada Kamis, 9 September 2021.
 
Berikut narasi pada unggahan yang beredar tersebut:

“Terma Kasih warga Lamongan Alhamdulillah Lamongan Zona Hijau, Silahkan pulang bagi warga diperantauan tetap jaga prokes”


 
Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Bupati Lamongan Ajak Perantau untuk Pulang ke Lamongan? Begini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, kabar Bupati Lamongan Yuhronur Efendi meminta kepada perantau untuk kembali pulang adalah salah. Faktanya, kabar ini telah dibantah
 
Yuhronur Efendi mengaku terusik dengan ulah orang yang mencatut namanya. Pak Yes, sapaanya, memastikan bahwa unggahan tersebut hoaks.

"Di medsos yang muncul dengan imbauan warga Lamongan di perantauan untuk pulang, Saya pastikan postingan itu hoaks alias tidak benar," kata Pak Yes seperti dilansir Detik.com


Pak Yes lebih menaruh perhatian dan mengajak masyarakat untuk tetap waspada dan tidak lantas lengah dengan keadaan yang melandai ini, meski Lamongan pada Level 1. Semua kegiatan tidak lantas dilonggarkan begitu saja, tetapi akan dinormalkan secara bertahap yang mengacu sebagaimana ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.
 
"Saya ini lebih memastikan pada warga Lamongan untuk tidak euforia terkait Lamongan pada zona hijau di level 1 ini. Berita itu hoaks, hoaks, " tegas Pak Yes itu, Kamis 9 September 2021.
 
Masih dari sumber yang sama, Kasi Kehumasan dan Sumber Daya Komunikasi Publik Diskominfo Lamongan Herri Putra Wicaksana menambahkan, hasil konfirmasi Tim CIRT Lamongan poster tersebut adalah tidak benar alias hoaks.
 
"Terkait poster dengan foto bupati Lamongan tentang imbauan mudik, tidaklah benar alias hoaks. Baik Pemkab maupun pak Yuhronur tidak mengeluarkan statement demikian," kata Herry.
 

[Cek Fakta] Bupati Lamongan Ajak Perantau untuk Pulang ke Lamongan? Begini Faktanya
 

Kesimpulan:
Kabar Bupati Lamongan Yuhronur Efendi meminta kepada perantau untuk kembali pulang adalah salah. Faktanya, kabar ini telah dibantahYuhronur Efendi.
 
Informasi ini jenis hoaks imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
 

[Cek Fakta] Bupati Lamongan Ajak Perantau untuk Pulang ke Lamongan? Begini Faktanya
 

Referensi:
https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5716762/hoaks-ajakan-bupati-agar-perantau-pulang-kampung-karena-lamongan-level-1/amp
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif