Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Virus Korona Menyebar Melalui Produk Makanan Impor dari Tiongkok? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 04 Februari 2020 14:58
Virus korona yang menyebar dari Wuhan, Tiongkok, telah menjalar ke berbagai negara. Baru-baru ini, beredar kabar bahwa virus korona bisa menyebar melalui produk makanan yang diimpor dari Tiongkok. Pesan itu diklaim berasal dari ibu-ibu Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Malaysia.
 
Informasi tersebut menyebar melalui pesan berantai WhatsApp. Disebutkan pada pesan itu bahwa pekerja pabrik di Tiongkok juga terkena virus korona yang menyebabkan produk yang mereka buat juga terinfeksi virus korona
 
Berikut secara lengkap narasi dari informasi tersebut:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Innalillahi wa Inna Illaihi roji'un Assalammu'alaikum Wr WbBreaking News : Meneruskan info dr Ibu2 Dubes KBRI KL Tolong beritahu adek2, suami, isteri dan semua teman2 Perhatian ; Mulai saat ini jangan makan pruduksi luar dulu apa pun jenis nya , khususnya produksi luar negeri cina Karena kemungkinan besar pekerja pabrik tersebut pengidap virus carona dan bisa jadi jatuh keringat mereka masuk ke dalam kalengan2 itu , serta virus corona yg saat ini masih jadi masalah besar dunia telah diketahui DepKes dunia sehingga makanan tersebut telah banyak di sita tpi lebih banyak yg sdh terlajur diekspor juga, Setelah terima ini cepat kirim ke saudara2 n teman2 semua. Agar tidak konsumsi makanan apapun yg dari luar..... Demi keselamatan kita semua. Info dr ibu dubes KBRI ( Kementrian Kesehatan RI) {semoga bermanfaat}. Mohon bantu share ya..????????[ ??WARNING??Tolong disebar luas kan Mohon ijin info Ikatan Dokter Indonesia (IDI), menginformasikan bahwa saat ini wabah mematikan hanya butuh penanganan cepat dan masih banyak makanan yg produksi luarInfo:RS Fatmawati , RSCM , RS Siloam , All RS Nara sumber :Dr. H. Ismuhadi, MPH
 
Mohon dishare, sayangi keluarga anda.
".
 

[Cek Fakta] Virus Korona Menyebar Melalui Produk Makanan Impor dari Tiongkok? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Setelah ditelusuri, klaim yang mengatasnamakan ibu-ibu KBRI Kuala Lumpur bahwa bahwa virus korona bisa menyebar melalui produk makanan yang diimpor dari Tiongkok adalah salah. Pihak KBRI telah mengklarifikasi isu tersebut.
 
Dilansir Liputan6.com, Agung Cahaya Sumirat dari Fungsi Pensosbud KBRI Kuala Lumpur memastikan broadcast pesan WhatsApp terkait penyebaran virus korona melalui produk impor asal Tiongkok adalah hoaks.
 
"Ini hoax ya. Ibu-ibu Dharma Wanita KBRI KL termasuk Ibu Dubes tidak pernah membuat pernyataan seperti itu," ujar Agung saat dikonfirmasi, Senin 3 Februari 2020.
 
Dilansir Mediaindonesia.com, melalui artikel berjudul "Jumlah Korban Virus Korona Lebihi SARS" tayang pada Selasa 4 Februari 2020, jumlah korban meninggal akibat virus korona di Tiongkok melonjak menjadi 361 orang. Ini berarti telah melampaui jumlah kematian akibat wabah sindrom pernapasan akut parah (SARS) pada 2002-2003 di Tiongkok, yaitu 349 orang.
 
Virus korona kini telah menyebar ke lebih dari 24 negara, meskipun banyak pemerintah memberlakukan larangan perjalanan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap orang-orang yang datang dari Tiongkok.
 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan krisis ini sebagai darurat kesehatan global. Kematian orang asing pertama dari virus itu juga dilaporkan sudah terjadi, yaitu di Filipina pada Minggu 2 Fabruari 2020.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa pesan WhatsApp yang menyatut ibu-ibu KBRI Kuala Lumpur tentang virus korona bisa menyebar melalui produk makanan yang diimpor dari Tiongkok adalah salah. Pihak KBRI telah mengklarifikasi isu tersebut.
 
Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenisFabricated Content (konten palsu).Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta.
 

Referensi:
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4170393/cek-fakta-hoaks-kbri-kl-imbau-jangan-mengonsumsi-produk-china-karena-virus-corona
https://mediaindonesia.com/read/detail/287599-jumlah-korban-virus-korona-lebihi-sars
 

Sumber:
https://www.facebook.com/groups/SuaraRakyatBelaNegeri/permalink/1047947375561203/
 


 

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif