Tangkapan layar klarifikasi pihak universitas brawijaya. Foto: Twitter
Tangkapan layar klarifikasi pihak universitas brawijaya. Foto: Twitter

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Benarkah Paru-Paru Pasien Covid-19 yang Sembuh akan Tetap Rusak? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 19 Mei 2020 13:47
Beredar sebuah gambar yang memuat memperlihatkan foto Kepala Tim Dokter (covid-19) Tiongkok Prof. Dr. Zhong Nan Shan disertai narasi. Pada narasi yang beredar, disebutkan Zhong Nan yang pernah menangngani SARS pada 2003 mengatakan bahwa paru-paru dari pasien covid-19 yang sembuh tetap akan rusak.
 
Akun Twitter @numpangsambatt_ turut membagikan gambar tersebut. Pada unggahan gambar, terdapat tanda air yang memperlihatkan akun Instagram @sanglahinstitute. Berikut secara lengkap narasi yang beredar:
 
"Jika ingin berpergian, berpikirlah secara jernih dan sayangi keluargamu. Jangan punya rasa percaya diri berlebihan atau hendak beradu nasib mujur: tak seorang pun bisa luput dari serangan Covid-19. Jangan coba-coba menentang Covid-19, karena Anda akan menyesal seumur hidup. Meskipun kelak telah ditemukan obat khusus Covid-19, itu hanyalah obat penyambung sisa nyawa Anda. Sekalipun Anda berhasil sembuh, nyawa Anda tinggal separuh, paru-paru Anda tetap sudah rusak. Hilangkan rasa congkak pada diri Anda dalam perang melawan epidemi ini."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Prof. Dr. Zhong Nan Shan, Kepala Tim Dokter (Covid-19) Cina, Menanggulangi wabah SARS 2003.

[Cek Fakta] Benarkah Paru-Paru Pasien Covid-19 yang Sembuh akan Tetap Rusak? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Kepala Tim Dokter (covid-19) Tiongkok Dokter Zhong Nan Shan mengatakan paru-paru pasien covid-19 yang sembuh tetap akan rusak adalah salah. Komunitas studi Sanglah Institute yang membuat dan mengunggah gambar tersebut telah menghapus unggahannya.
 
Dikutip dari akun resmi Instagram @sanglahinstitute, komunitas studi mikrososioligi tersebut juga telah meminta maaf dan membuat klarifikasi. Berikut klarifikasinya:
 
"Kami atas nama @sanglahinstitute memohon maaf sebesar-besarnya atas keteledoran kami dalam mengolah informasi. Setelah dilakukan pemeriksaan kembali, postingan yang berisi pernyataan Prof. Dr. Zhong Nan Shan (21/03) nyatanya TIDAKLAH VALID karena tidak didukung oleh data ilmiah yang jelas. Kami telah menghapus postingan tersebut pagi ini (22/03) pukul 09.00 WITA."
 

[Cek Fakta] Benarkah Paru-Paru Pasien Covid-19 yang Sembuh akan Tetap Rusak? Ini Faktanya
 

Sementara itu, dilansir kominfo.go.id dengan merujuk situs asal Tiongkok sixthtone.com yang menurunkan artikel berjudul "COVID-19 Doesn’t Do Lasting Damage to Lungs, Leading Expert Says" menyebutkan bahwa dokter Zhong Nan Shan mengatakan virus Korona baru atau covid-19 tidak meninggalkan kerusakan permanen pada paru-paru dari pasien covid-19 yang pulih. Tingkat fibrosis paru - atau jaringan parut paru-paru - pada orang yang terkena penyakit ini relatif lebih rendah dibandingkan dengan SARS.
 
Dalam sebuah wawancara Selasa dengan media domestik, Zhong, yang juga menjabat Kepala Gugus Tugas covid-19 Tiongkok, mengatakan bahwa fibrosis paru pada pasien yang diamati timnya hilang relatif cepat. Sementara tes menunjukkan penurunan fungsi paru - terutama transfer oksigen pada beberapa pasien, namun Zhong percaya efek seperti itu tidak akan bertahan lama.
 
"Seiring waktu, itu (paru-paru) akan berangsur-angsur pulih, jadi saya tidak berpikir sebagian besar bekas pasien COVID-19 akan memiliki efek samping paru yang jelas," katanya.
 

 
[Cek Fakta] Benarkah Paru-Paru Pasien Covid-19 yang Sembuh akan Tetap Rusak? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Kepala Tim Dokter (covid-19) Tiongkok Dokter Zhong Nan Shan mengatakan paru-paru pasien covid-19 yang sembuh tetap akan rusak adalah salah. Komunitas studi Sanglah Institute yang membuat dan mengunggah gambar tersebut telah menghapus unggahannya.
 
Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
 

Referensi:
https://www.instagram.com/p/B-CWfJIAzF2/
https://www.sixthtone.com/ht_news/1005493/covid-19-doesnt-do-lasting-damage-to-lungs%2C-leading-expert-says
https://www.kominfo.go.id/content/detail/26569/disinformasi-paru-paru-pasien-covid-19-yang-sembuh-akan-tetap-rusak/0/laporan_isu_hoaks
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif