Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Foto Ma'ruf Amin Bergaya Ala K-Pop? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 25 September 2020 08:10
Beredar sebuah foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin bergaya berpakaian ala Korean Pop (K-Pop). Foto ini beredar sesaat setelah pernyataan Ma'ruf Amin terkait tren K-Pop di kalangan anak muda.
 
Akun Facebook atas nama Jazzi Lin membagikan foto ini pada 23 September 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi.

"Ayo Mbah Joged Mbah...Jangan bawa Tongkat ????????"


Unggahan ini mendapatkan 728 respon dari warganet. Serta 41 komentar dan 149 kali dibagikan ulang.
 
[Cek Fakta] Foto Ma'ruf Amin Bergaya Ala K-Pop? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Ma'ruf Amin bergaya ala anak K-Pop adalah salah. Faktanya, foto tersebut hasil suntingan dari foto sebenarnya. Dari hasil penelusuran kami, foto asli tersebut ditemukan di akun isntagram atas nama @jaadiee yang telah terverifikasi bercentang biru. Dalam kutipan unggahan tersebut, model pria tengah berpose dengan merek produk pakaian dan sepatu.
 

[Cek Fakta] Foto Ma'ruf Amin Bergaya Ala K-Pop? Ini Faktanya
 
Dilansir dari Medcom.id, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak generasi muda Indonesia belajar dari budaya K-Pop (musik pop Korea Selatan). Generasi muda Indonesia diharapkan mengasah kreativitasnya untuk memperkenalkan Indonesia pada dunia.
 
“Budaya K-Pop diharapkan dapat menginspirasi munculnya kreatifitas anak muda Indonesia dalam berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri,” kata Ma’ruf pada acara Peringatan 100 Tahun Kedatangan Warga Korea di Indonesia melalui konferensi video di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Minggu, 20 September 2020.
 
Ma’ruf mengatakan banyaknya produk Korea yang diproduksi di Indonesia dapat menjadi momentum. Generasi muda bisa terpacu membuat produk dengan kualitas baik dan berdaya saing.
 
Apalagi, kata Ma’ruf, Indonesia dan Korea memiliki hubungan yang erat sejak sebelum kemerdekaan. Salah satunya bentuk solidaritasnya yakni kerja sama di bidang teknologi.
 
“Investasi dan alih teknologi diharapkan bisa membuat produk Indonesia semakin meningkat kualitasnya bisa diekspor ke luar negeri,” ujar dia.
 
Ma’ruf berharap kemitraan Indonesia dan Korea di berbagai bidang semakin bermanfaat bagi kedua negara. Terutama menjadi fondasi memperkuat persahabatan, baik secara formal kenegaraan maupun non formal antarwarga negara.
 
“Peringatan 100 tahun kedatangan warga Korea di Indonesia ini merupakan momen penting untuk semakin meningkatkan hubungan dan kerja sama yang baik antara kedua negara,” tutur Ma’ruf.
 
[Cek Fakta] Foto Ma'ruf Amin Bergaya Ala K-Pop? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Ma'ruf Amin bergaya ala anak K-pop adalah salah. Faktanya, foto tersebut hasil suntingan dari foto sebenarnya.
 
Informasi ini jenis hoaks Misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Foto Ma'ruf Amin Bergaya Ala K-Pop? Ini Faktanya
 
Referensi:
1.https://www.instagram.com/p/Bsa9KSMljkz/
2.https://www.medcom.id/nasional/politik/gNQGqV5k-ma-ruf-berharap-budaya-k-pop-menstimulus-kreatifitas-anak-muda
3.https://archive.vn/EFMaO
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif