Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Pelaku Penculikan Anak Babak Belur Diamuk Massa di Bogor Hoaks, Begini Faktanya

Medcom Files penculikan anak hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 14 Januari 2022 19:52
Beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkan pelaku penculikan anak yang diikat dan terlihat babak belur diamuk massa. Video itu beredar melalui pesan berantai, baru-baru ini.
 
Pada pesan yang beredar disebutkan, penculikan itu terjadi di daerah Sindang Barang, Bogor. Pesan itu disertai narasi sebagai berikut:

"Assalamualaikum
Penculikan anak di Bogor daerah Sindang barang. Baru saja posisi anak sdh diselamatkan dan pelaku dihakimi massa sampai babak belur.
Mohon hati” bagi yg punya anak/ cucu agar diawasi saat bermain."


Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Video Pelaku Penculikan Anak Babak Belur Diamuk Massa di Bogor Hoaks, Begini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan pelaku penculikan anak di Sindang Barang, Bogor, adalah salah. Faktanya, bukan penculikan anak tetapi pencurian handphone di Sumatera Selatan yang terjadi pada 2018. Dikutip dari situs Kominfo, video tersebut memperlihatkan pelaku pencurian handphone dirumah warga di kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarami, Palembang, Sumatera Selatan. Kejadian terjadi sekitar 3 tahun lalu pada Rabu 31 Oktober 2018
 
Video tersebut juga sempat dijadikan bahan hoaks pada 2018. Saat itu, video itu dinarasikan sebagai kasus penculikan Sukarami Palembang. Informasi ini pun sudah diklarifikasi Bhabinkamtibmas Kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarami Palembang saat itu, Brigpol Muslim.
 
"Tadi itu tertangkap pelaku pencurian ponsel di rumah warga. Saat masuk ke dalam rumah, pemilik rumah memergoki pelaku," ujar Muslim seperti dilansir Tribunnews.
 
Saat diperiksa, ponsel milik warga ditemukan di tangan pelaku. Karena warga kesal, membuat pelaku sempat menjadi bulan-bulanan warga. Pelaku babak belur dihajar warga yang kesal dengan tindakan pelaku.
 
"Pelaku, barang bukti ponsel sudah dibawa ke Polsek Sukarami. Pemilik rumah juga sudah diminta untuk ke Polsek guna dimintai keteranga," ungkapnya.
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkan pelaku penculikan anak di Sindang Barang, Bogor, adalah salah. Faktanya, bukan penculikan anak tetapi pencurian handphone di Sumatera Selatan.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Video Pelaku Penculikan Anak Babak Belur Diamuk Massa di Bogor Hoaks, Begini Faktanya
 

Referensi:
https://www.kominfo.go.id/content/detail/39324/disinformasi-penculikan-anak-di-sindang-barang-bogor/0/laporan_isu_hoaks
https://sumsel.tribunnews.com/2018/10/31/info-penculikan-anak-di-talang-jambe-palembang-ternyata-hoax-ini-kejadian-sebenarnya
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif