Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial (Facebook).
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial (Facebook).

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] MUI Kurang Kerjaan Mengharamkan Netflix? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia, Wanda Indana • 24 Januari 2020 11:16
Majelis Ulama Indonesia (MUI) dikabarkan mengeluarkan fatwa haram terhadap penyedia layanan streaming digital, Netflix. Kabar itu ramai diperbincangkan warganet di berbagai platform media sosial.
 
Aku Facebook Prasetyo Sujudi membagikan informasi tersebut dengan mengunggah foto tangkapan layar artikel daring. Pemilik akun juga menambahkan keterangan bertuliskan:
 
"MUI kurang kerjaan. ????

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Tapi tenang saja, fatwa itu cuma buatan manusia. Urusan benar atau tidaknya adalah urusan TUHAN.
".
[Cek Fakta] MUI Kurang <i>Kerjaan</i> Mengharamkan Netflix? Ini Faktanya
 

Isu MUI mengharamkan Netflix meluas. Di Twitter, akun @angewwie juga ikut membagikan informasi tersebut pada Kamis 23 Januari 2020. Akun itu membuat cuitan bertuliskan:
 
"Nggak paham kenapa MUI memfatwakan haram netflix. Netflix cuma wadah, sebuah platform yg di dalamnya banyak sekali ragam tontonan yang bisa kita pilih. Toh biasanya serial yang memiliki unsur dewasa, ilustrasi grafis ttg kekerasan, dsb juga memiliki peringatan di deskripsinya".
 

[Cek Fakta] MUI Kurang <i>Kerjaan</i> Mengharamkan Netflix? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, MUI tidak pernah mengeluarkan fatwa haram terhadap Netflix. Bahkan MUI belum terpikirkan untuk menyoroti Netflix secara khusus.
 
Merujuk pemberitaan Medcom.id melalui artikel berjudul "MUI Bantah Fatwa Haram Netflix", Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Hasanudin AF mengatakan pihaknya sama sekali belum membahas persoalan Netflix. Apalagi mengeluarkan fatwa haram terhadap Netflix.
 
"Komisi Fatwa MUI belum pernah membahas tentang platform digital penyedia jasa layanan konten, termasuk Netflix, apalagi menetapkan fatwa. Juga tidak ada rencana untuk membahas,” kata Hasanudin AF, Jumat 24 Januari 2020.
 
Hasanudin menyayangkan kabar bohong itu terlanjur viral di media sosial. Fatwa, kata dia, baru bisa ditetapkan setelah adanya pertanyaan dan pengkajian mendalam mengenai masalah yang akan difatwakan.
 
Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Cholil Nafis menambahkan MUI tidak serampangan dalam memberi fatwa. Pihaknya harus mendengar pendapat ahli.
 

[Cek Fakta] MUI Kurang <i>Kerjaan</i> Mengharamkan Netflix? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Narasi di media sosial bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram terhadap penyedia layanan streaming digital, Netflix, adalah salah.
 

Referensi:
https://www.medcom.id/nasional/hukum/MkMVg1xK-mui-bantah-fatwa-haram-netflix
 

Sumber:
https://web.facebook.com/groups/140244480052588/permalink/650958155647882/
https://twitter.com/angewwie/status/1220187511802093568?s=20
 

 

(WAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif