Tangkapan layar pemberitaan palsu dari pesan berantai WhatsApp
Tangkapan layar pemberitaan palsu dari pesan berantai WhatsApp

[Cek Fakta] Prabowo Sebut yang Tidak Suka Kalimat Tauhid Hadapi Saya, Benarkah?

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 29 Oktober 2019 18:22
Sebuah foto yang memuat gambar Menteri Pertahanan Prabowo Subianto viral di aplikasi layanan berbalas pesan WhatsApp. Foto itu juga sudah menyebar ke media sosial Facebook sejak Sabtu, 26 Oktober 2019.
 
Foto tersebut memperlihatkan Prabowo yang mengenakan topi bertuliskan kalimat tauhid. Pada sisi kiri foto terdapat narasi bertuliskan "MENHAN. Hidup di negara PANCASILA harus tau sila pertama yang tidak suka kalimat TAUHID hadapi saya".
 
Akun Facebook Chandra Sukma Dewi ikut menyebarkan foto tersebut pada Senin, 28 Oktober 2019. Akun itu menambahkan narasi "TIBA SA'ATNYA #PRABOWO_SUBIANTO. MEMBELA KALIMAT #TAUHID !!!. MA SYAA' ALLAAH .... BARAKALLAAH PAK".

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Prabowo Sebut yang Tidak Suka Kalimat Tauhid Hadapi Saya, Benarkah?
 
Penelusuran Fakta:
Setelah dilakukan penelusuran oleh tim Cek Fakta Medcom.id, melalui teknik reverse image di mesin pencari Yandex, ditemukan beberapa foto identik. Foto tersebut diambil saat Prabowo maju sebagai calon presiden, kurang-lebih satu tahun lalu.
 
Foto identik pernah dimuat di situs Motifviral.com, lewat artikel berjudul "Joke Dibatasi, Jangan Sampai Takbir Juga Enggak Boleh". Situs itu memuat foto utuh Prabowo mengenakan topi bertuliskan kalimat tauhid. Persis dengan foto Prabowo yang sedang viral. Namun tidak ada keterangan pada foto tersebut.
 

[Cek Fakta] Prabowo Sebut yang Tidak Suka Kalimat Tauhid Hadapi Saya, Benarkah?
 

[Cek Fakta] Prabowo Sebut yang Tidak Suka Kalimat Tauhid Hadapi Saya, Benarkah?
 

Foto identik juga pernah dimuat oleh ANTARA melalui artikel berjudul "Deklarasi Dukungan Komando Ulama Pemenangan Prabowo-Sandi", yang dimuat pada Minggu 4 November 2018. Foto itu ditangkap wartawan foto ANTARA bernama Dhemas Reviyanto dengan keterangan foto bertuliskan "Calon Presiden nomer urut 02 Prabowo Subianto (tengah) mengenakan topi dari Komandan Jenderal Kopassandi Abdul Rasyid Abdullah Syafii (kanan) pada deklarasi dukungan Komando Ulama Pemenangan Prabowo-Sandi (Koppasandi) di Jakarta, Minggu (4/11). (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)."
 

[Cek Fakta] Prabowo Sebut yang Tidak Suka Kalimat Tauhid Hadapi Saya, Benarkah?
 

Pula, foto serupa juga dimuat JPNN, dengan artikel berjudul "Topi Bertuliskan Tauhid untuk Prabowo dari Koppasandi". Saat foto diambil, Prabowo yang maju sebagai calon presiden menerima topi tersebut sebagai bentuk hadiah dari kelompok pendukungnya yang menamakan diri: Komando Ulama Pemenangan Prabowo-Sandi (Koppasandi). Prabowo memakai topi itu di atas sebuah pangung. Namun, tidak ditemukan pernyataan Prabowo yang sesuai dengan narasi pada foto tersebut.
 
Kami juga melakukan penelusuran di mesin pencari Google rentang 24-29 Oktober 2019. Mulai dari hari pertama Prabowo menjadi menhan hingga saat ini, juga tidak ditemukan pernyataan Prabowo yang menyebut "Hidup di negara PANCASILA harus tau sila pertama yang tidak suka kalimat TAUHID hadapi saya".
 

Kesimpulan:
Klaim yang menyebut Menhan Prabowo berkata "Hidup di negara Pancasila harus tau sila pertama yang tidak suka kalimat TAUHID hadapi saya" adalah salah. Tidak ada bukti pendukung yang menguatkan narasi itu dan tak bisa dipertangungjawabkan.
 
Merujuk analisa tim Cek Fakta Medcom,id, foto tersebut merupakan hasil potongan gambar (croping) dari foto yang dimuat oleh situs Motifviral.com. Si pembuat potongan foto menambahkan narasi yang tak berdasar dan bermuatan sentimen anti-islam untuk memprovokasi masyarakat.
 

 
Referensi:
https://otomotif.antaranews.com/foto/764925/deklarasi-dukungan-komando-ulama-pemenangan-prabowo-sandi/2
https://www.jpnn.com/news/topi-bertuliskan-tauhid-untuk-prabowo-dari-koppasandi
 

Sumber:
Pesan berantai WhatsApp
https://www.facebook.com/chandra.s.dewi.37
 

 

(WAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif